Wali Kota Kunjungi Stand Banjarmasin di Indonesia Maju Expo 2024

JURNALKALIMANTAN.COM,JAKARTA – Didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Wali Kota Ibnu Sina mengunjungi stand Banjarmasin, pada gelaran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024, di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2024).

Ibnu mengatakan, keikutsertaan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam event yang diselenggarakan Kementrian Dalam Negeri ini, bertujuan untuk mengangkat produk unggulan kota seribu sungai.

“Terutama kain sasirangan, termasuk hasil kriya juga, terlebih baru saja kita menggelar Banjarmasin Sasirangan Festival untuk mempromosikan kain sasirangan kepada masyarakat luas,” ucap Ibnu di sela-sela kunjungan.

Selain itu menurutnya, sebagai bentuk keseriusan dalam mengembangkan warisan budaya Banjar itu, pihaknya juga menggelar lomba motif sasirangan di rangkaian BSF ke 8.

“Agar para pengrajin kain sasirangan lebih kreatif lagi dalam membuat motif, dan siap bersaing dengan produk daerah lainnya. Itu juga akan berpengaruh dari kualitas kain sasirangan,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga memperkuat para penjelujur, dimana sebelumnya telah diresmikan kampung tematik jelujur sasirangan, di Kelurahan Alalak Utara, hingga melakukan pembinaan kepada para penjelujur yang ada di kawasan tersebut.

Apalagi lanjutnya, kain sasirangan sudah mendapat sertifikat indikasi geografis melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Jadi harus diperkuat ekosistem kain sasirangan, supaya bisa kita bawa hingga tingkat internasional,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini juga sempat mengunjungi sejumlah stand UMKM dari kabupaten/kota lainnya.

Pada kegiatan nasional yqng berlangsung selama 4 hari ini, Banjarmasin selain mempromosikan berbagai produk bermutu, juga potensi investasi.

Pada iven ini pihaknya juga mengikuti Forum Bisnis dan Coaching Clinic, yang diharapkan memberikan wawasan serta kesempatan jejaring baru untuk memajukan usaha lokal.