Dispersip Tanbu Gelar Pelatihan untuk Mendukung Peningkatan Gemar Membaca

Dispersip Tanbu
Gedung Dispersip Tanbu

JURNALKALIMANTAN.COM, TANAH BUMBU Sebagai upaya peningkatan minat baca di daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), melaksanakan pelatihan pengolahan bahan pustaka di studio mini Kantor Dispersip Tanbu, Rabu dan Kamis (28—29/07/2021). 

Diikuti pengelola perpustakaan Dispersip, desa, dan sekolah, para peserta diberikan pengetahuan terkait pengelolaan, pengolahan bahan pustaka, dan lainnya, oleh narasumber berkompeten dari Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Advertisement

Di kesempatan ini hadir juga Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani, yang disambut baik Pelaksana Tugas Kepala Dispersip Tanbu Muhamad Yusri, yang dinilai sebagai sinergisitas peningkatan minat baca. 

“Terima kasih atas provokasi dan motivasi yang diberikan untuk mendukung semangat peningkatan minat baca dan indeks literasi di daerah,” ungkap Kepala Dispersip Tanbu.

Dispersip Tanbu
Peserta pelatihan foto bersama

Selain menghadiri undangan, Bunda Nunung (sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel) juga berkesempatan meninjau kemegahan gedung layanan Dispersip Tanbu, yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus Fisik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, sebesar Rp10,5 miliar pada tahun 2019, sekaligus berdiskusi dengan Pimpinan Dispersip Tanbu. 

“Saya berpesan agar gedung layanan yang sangat baik ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencerdaskan masyarakat, hingga tempat berkegiatan masyarakat mengisi waktu,” sebutnya melalui siaran persnya, Kamis (29/07/2021). 

Ditambahkannya, perpustakaan saat ini tidak hanya sekadar tempat untuk membaca dan meminjam buku, namun sudah seyogianya bertransformasi menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

“Apalah arti gedung megah jika tidak diisi berbagai kegiatan positif. Jadi, sempat saya beri masukan juga berdasarkan pengalaman, agar perpustakaan tetap eksis dan dibutuhkan kehadirannya di tengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutupnya.

Advertisement