Dukung TMMD ke-112 Tim Pusling Kalsel Sambangi Daerah Terpencil di Kotabaru 

JURNALKALIMANTAN.COM, KOTABARU Dipimpin langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj. Nurliani Dardie, tim Perpustakaan Keliling (Pusling) menempuh hampir 12 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin, untuk mendukung dan bersinergi dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Kabupaten Kotabaru. 

Selain buku, di Tim Pusling ini juga membawa pendongeng hingga badut, untuk memeriahkan program TMMD, sekaligus mempromosikan minat baca di pelosok. 

Bertempat di Desa Rantau Jaya Kecamatan Sungai Durian, Tim Pusling disambut antusias anak-anak SD Negeri Manunggul Baru dan SMP Negeri 1 Sungai Durian. 

“Sangat pelosok dan terisolir. Dengan perjalanan yang jauh dan medan yang rusak, alhamdulilah kita sampai. Kita menginap juga di sini yang belum mendapat aliran listrik, gelap sekali saat malam hari,” ungkap Bunda Nunung (sapaan akrab Kadispersip Kalsel) di sela kegiatan menghibur anak-anak, Jumat (01/10/2021). 

Di sini, para anak juga diajak bernyanyi, senam otak, hingga senam sehat.

Partisipasi Tim Pusling ini sangat disambut bahagia masyarakat setempat, lantaran baru pertama kali diadakan, belum lagi lokasi perpustakaan yang sangat jauh, sehingga warga setempat kesulitan mengakses bahan bacaan.

“Kami sangat berterima kasih. Berharap ini berkelanjutan agar bisa datang dan berkunjung lagi, minimal 1 bulan sekali, agar anak-anak mendapatkan ilmu dan informasi baru,” ungkap Perwira Seksi Teritorial Kodim 1004/Kotabaru Kapten Chb Supriyanto.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Sungai Durian Jhon Freddly Pane, merasa sangat beruntung didatangi Tim Pusling dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Semoga di lain kesempatan dapat kembali memberikan layanan pada kami,” harapnya. 

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Rantau Jaya Sardia, yang sangat salut atas pengorbanan Tim Pusling untuk jauh-jauh datang dari perkotaan. 

“Memang daerah terpencil di sini, dan rata-rata waga kami petani. Turut senang hadirnya program TMMD ini yang dimeriahkan Tim Pusling Pemprov Kalsel,” tutupnya.