Ikut Sukseskan Turdes ke-10 Paman Birin Acil Odah, Dislautkan Bagikan Bantuan Gemarikan

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Provinsi Kalimantan Selatan turut serta dalam kegiatan Turun ke Desa (Turdes) Menembus Batas ke-10, yang dipimpin Gubernur Sahbirin Noor (Paman Birin) dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Raudhatul Jannah (Acil Odah), bersama perwakilan masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), yang dilaksanakan 6 hari, mulai tanggal 1-6 Juli 2024.

Adapun rute kali ini mulai dari Kantor Gubernur di Banjarbaru, menuju Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. Kemudian menuju Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala, dan Banjar.

Kegiatan ini juga mengusung tema “Bergerak dengan Kekuatan Rakyat Menuju Indonesia Emas Germas Cinta Banua”.

Pada rangkaian Turdes kali ini, Dislautkan menyerahkan bantuan kepada para kader dan anggota posyandu serta pelajar di 13 kabupaten/kota.

“Syukur alhamdulillah pada Turdes ke-10 bersama Paman Birin dan Acil Odah kali ini, kami memberikan bantuan produk olahan ikan guna mendukung program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan),” ungkap Kepala Dislautkan Rusdi Hartono.

Hal ini tegasnya, bertujuan untuk peningkatan konsumsi ikan, yang pada gilirannya diharapkan menurunkan angka tengkes.

Kemudian terdapat pula penyerahan paket bantuan dari SKPD lainnya seperti pembagian sembako, penanaman pohon, hibah BUMDes, bantuan sekolah, paket peternakan dan perkebunan, sunatan massal, serta pembagian bendera merah putih.

“Dengan menyalurkan berbagai macam bantuan serta mendengar aspirasi dari masyarakat, nantinya lewat Turdes ini aspirasi itu diharapkan bisa terealisasi dan masyarakat akan lebih sejahtera, ” pungkas Rusdi.

(Saprian)