Kehadiran Pusling Palnam Tambah Keceriaan di Lokasi TMMD ke-112 HST

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH Hadirnya Tim Perpustakaan Keliling (Pusling) Palnam pada Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST), membawa warna berbeda bagi anak-anak di Desa Rantau Keminting, Kecamatan Labuan Amas Utara.

Program ini tidak hanya menyasar pembangunan infrastruktur serta kesehatan, namun juga pendidikan, bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Komandan Kodim 1002/HST Letkol Inf Muh. Ishak H.B., selaku Dansatgas TMMD ke-112 HST, merasa senang dapat melihat anak-anak ceria, dihibur oleh badut dan pendongeng yang dibawa Tim Pusling Palnam, sembari mengajak membaca buku.

“Kehadiran Pusling sangat mendukung kegiatan kita, terutama menghibur anak-anak yang telah lama sekolah dengan sistem daring, apalagi di lapangan terbuka dan teduh seperti ini sangat menstimulasi minat baca mereka,” ungkap Dandim 1002/HST melalui siaran persnya, usai meninjau lokasi TMMD, Kamis (16/09/2021).

Ia juga berterima kasih kepada Dispersip Kalsel atas dukungan yang diberikan.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani Dardie, merasa senang dapat kembali berpartisipasi dalam kegiatan TMMD, yang diharapakan dapat membangkitkan semangat masyarakat dan anak-anak untuk makin gemar membaca.

“Kita harus terus bersinergi untuk dapat meningkatkan indeks minat baca di Banua, tidak bisa hanya kami yang melakukannya,” bebernya melalui WhatsApp.

Sebagai mana diketahui, Provinsi Kalsel menjadi wilayah peraih indeks pembangunan literasi tertinggi se-Indonesia, yang sedang diupayakan untuk diikuti peningkatan indeks kegemaran membca, karena masih berada di urutan pertengahan dari 34 provinsi.