Pelaku Pembuang Bayi di Komplek Mutiara Berhasil Diamankan Polisi

Suasana saat penanganan perkara pembuangan bayi

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Satreskrim Polresta Banjarmasin berhasil mengungkap kasus temuan bayi di Komplek Mutiara RT 22, Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Dalam pengungkapan itu, petugas mengamankan perempuan berinisial HN (21), warga setempat yang diduga sebagai orang tua dari bayi tersebut.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito, melalui Kasat Reskrim, AKP Eru Alsepa, mengatakan bahwa pelaku sudah diamankan.

Pengungkapan berawal saat petugas melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

“Saat olah TKP, petugas melihat salah satu rumah yang memiliki jendela belakang, lantas petugas memiliki kecurigaan dan mendatangi rumah tersebut untuk melakukan pemeriksaan,” ujarnya, Selasa (02/07)

Saat melakukan pengecekan di rumah HN, polisi mendapati noda darah di dekat WC dan ditemukan potongan tali pusar.

Lalu petugas melakukan pengecekan HP penghuni rumah tersebut dan didapati foto-foto yang menjadi petunjuk terkait HN yang sedang hamil.

Mendapati hal tersebut, Unit Reskrim Polsek Banjarmasin Barat dan Macan Polresta Banjarmasin pun langsung bergerak mendatangi ke tempat HN bekerja di salah satu rumah makan di Jalan Simpang Telawang dan langsung melakukan interogasi terhadap yang bersangkutan.

“Saat itu juga HN mengakui perbuatannya. Ia mengaku takut dan malu, lantaran hamil di luar nikah,” ungkap Eru.

Selanjutnya, HN bersama barang bukti berupa gunting dan baju yang digunakan saat persalinan pun diamankan ke Mapolresta Banjarmasin.

“Karena kondisi pelaku saat ini yang baru melahirkan, pihak penyidik pun membawa pelaku ke RS guna di cek kesehatan dan rawat pasca melahirkan,” kata Eru lagi

Atas perbuatannya, pelaku diancam dengan Pasal 77B jo 76B Undang-Undang Perlindungan Anak dan atau Pasal 306 ayat (1) sub 305 KUHP jo Pasal 307 sub 308 KUHPidana.

“Pelaku diancam hukuman 7 tahun penjara,” pungkasnya.