Pengembangan Desa Wisata di Kalsel Diharapkan Segera Terwujud

Komisi I DPRD Kalsel kunjungi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI

JURNALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), terus serius mengembangkan desa wisata.

Seperti diketahui, pengembangan desa wisata adalah model pengembangan yang mengedepankan peran serta masyarakat. Masyarakat dijadikan sebagai pelaku utama dalam pengembangan wisata, yang menyesuaikan dengan potensi daerah masing-masing. Sehingga dari kegiatan ini, manfaatnya dapat sepenuhnya diperuntukkan bagi masyarakat lokal.

“Komisi I DPRD Kalsel terus mengupayakan agar pengembangan desa wisata ini segera terwujud, dan bisa mendapatkan anggaran dana desa di tahun mendatang,” ujar Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas, usai kunjungan kerja ke Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) di Jakarta, kemarin.

Ketua Panitia Khusus penyelesaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pemberdayaan Desa Wisata, Fahrani menjelaskan, dari tiga bulan lalu pihaknya sudah melaksanakan kajian dan uji publik terhadap raperda tersebut.

“Raperda ini potensial dilaksanakan di Kalsel, yang mana ternyata Kemendes PDTT RI memfokuskan program nasional, yang salah satunya adalah tentang pariwisata,” jelas politisi PDIP Kalsel ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalsel, Zulkifli, menyambut baik rencana ini, karena sejalan dengan program kerja pihaknya.

“Ini bagi kami menggembirakan, karena kelihatan sekali dukungan dari DPRD Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Editor : Ahmad MT