Penguatan Kegemaran Membaca di Banua Bersama Habaib dan Para Ulama

Membaca di Banua Bersama Habaib
Kepala Dispersip Kalsel bersama Taun Guru Kapuh

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI SELATAN Guna meningkatkan kegemaran membaca di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel tidak hanya membangun sinergi dengan para kepala daerah dan instansi lain, namun juga memohon dukungan habaib dan para ulama, sepertihalnya saat kunjungan ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Selain meminta dukungan kepada Bupati Drs. H. Achmad Fikry, Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani juga bersilaturahmi dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS K.H. Muhammad Ridwan Baseri (Guru Kapuh), Jumat (2/7/2021)

Advertisement

Beliau menerima kunjungan perempuan energik tersebut, yang menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan, yakni untuk meminta bantuan dalam hal promosi peningkatan minat baca.

“Menumbuhkembangkan minat baca itu tidak bisa hanya dilakukan Dispersip, namun harus melibatkan banyak pihak, sejak dari keluarga selaku unit terkecil, pendidik sejak usia dini, hingga perguruan tinggi, serta seluruh stakeholder seperti forum komunikasi pimpinan daerah, kepala daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama seperti yang kita lakukan ini,” ungkap Bunda Nunung (sapaan akrab Kadispersip Kalsel), melalui siaran persnya, Senin (05/07/2021).

Habib Umar bin Abdullah bin Ibrahim Al Habsy
Bunda Nunung saat bersilaturahmi dengan Habib Umar bin Abdullah bin Ibrahim Al Habsy

Ditambahkannya, menanamkan minat baca juga perlu dilakukan secara masif dan terus menerus, apalagi peran tokoh agama sangat besar pengaruhnya sebagai panutan masyarakat.

“Maka dari itu, saya selalu menyempatkan diri menjalin silaturahmi kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat di sela kunjungan kerja, bahkan tidak jarang saya minta arahkan kepala daerah agar dapat diterima tokoh agama di wilayahnya,” beber Bunda Nunung.

Dalam kesempatan tersebut, Guru Kapuh juga mengajak masyarakat dan generasi muda di Banua, agar dapat menumbuhkan minat dan kegemaran membaca, hingga memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa.

Usai sowan ke Guru Kapuh, Bunda Nunung juga menyempatkan diri mengunjungi Masjid Su’ada Wasah Hilir, salah satu masjid bersejarah di Kalsel yang dikenal dengan sebutan Masjid Baangkat.

Selanjutnya, silaturahmi literasi juga dilakukan Kadispersip Kalsel ke ulama lainnya, yakni Habib Umar bin Abdullah bin Ibrahim Al Habsy, cucu pendiri Masjid Jami Ibrahim Nagara, di Desa Sungai Mandala, HSS.

Advertisement