Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Batola Ikut Luncurkan Program Pembagian 10 Juta Bendera

Foto bersama usai penyerahan simbolis bendera

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) melalukan penyerahan simbolis bendera merah putih kepada perwakilan organisasi wanita, kecamatan, organisasi pemuda, dan organisasi masyarakat, pada kegiatan upacara, di halaman Kantor Bupati, Senin (3/6/2024).

Penyerahan secara simbolis diserahkan Penjabat Bupati Mujiyat yang diwakili Sekretaris Daerah Zulkipli Yadi Noor, dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.

Pembagian bendera itu juga merupakan rangkaian dari peluncuran program pembagian 10 juta bendera merah putih secara serentak di seluruh Indonesia, dan Pemkab Batola menargetkan 8.500 bendera.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekda membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Yudian Wahyudi.

“Pada 1 Juni, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia,” ungkap pidato tersebut.

Bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Yudian Wahyudi menitipkan pesan untuk mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, untuk harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” papar Sekda.

Upacara berlangsung khidmat dengan pengibaran bendera dari Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Barito Kuala 2023. Pasukan formasi terdiri dari lima kelompok yang menggambarkan lima sila Pancasila. Bertugas sebagai perwira upacara adalah AKP Hormansyah, dan komandan upacara adalah Ipda Indra Purwadi Soemar dari Polres Batola.

(Kominfo)