Perpustakaan Palnam Bakal Buka Hingga Malam Hari Lagi

jam buka perpustakaan palnam

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan dan mempromosikan minat membaca, dengan upaya melayani masyarakat secara maksimal.

Salah satunya lewat wacana pelayanan di Perpustakaan Palnam yang buka hingga malam hari, dengan melihat situasi pandemi Covid-19.

Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani Dardie menyampaikan, pihaknya saat ini masih dalam tahap persiapan untuk penerapannya, dengan melakukan pembahasan dan kajian.

“Selain kita buka akhir pekan hingga sore hari, yang karena penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyaralat telah dilonggarkan, jika memungkinkan jam layanan sampai malam juga ingin kami lakukan,” ungkapnya melalui siaran persnya, Ahad (15/05/2022).

Selain itu menurutnya, hal itu memerlukan kesiapan matang, termasuk para petugas pelayanan, keamanan, kebersihan, dan sisi anggaran.

“Kami harus betul-betul mengkaji dan memperhitungkan banyak hal,” tambah Bunda Nunung (sapaan akrab Kadispersip Kalsel).

Maryatul, salah satu petugas pelayanan di perpustakaan bergedung rumah Banjar tersebut, menyampaikan dukungannya terhadap penambahan jam operasional, yang mengingatkan dirinya sebagai pelayan perpustakaan kala masih remaja.

“Layanan jam malam pernah kami rasakan, saat itu masih muda sekitar tahun 1989an, pengunjungnya juga lumayan banyak,” ungkapnya.

Saat ini, pelayanan umum pada hari kerja yakni Senin hingga Kamis dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WITA, sedangkan hari Jumat hanya dari pukul 08.00 sampai pukul 11.30 WITA. Sedangkan di akhir pekan, Sabtu dan Ahad dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WITA.

Wacana tersebut juga merupakan dalam rangka meningkatkan minat baca, hingga dapat kembali mempertahankan Indeks Pembangunan Literasi tertinggi se-Indonesia di tahun ini.

Editor : Achmad MT