Seratus Ribu Kolong Rumah Menjadi Target Pemkot Banjarmasin Bersih dari Sampah

Penyerahan simbolis bantuan mobil oprasional usai Soft Launching Germas B'babasah

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan kegiatan Soft Launching  Gerakan Masyarakat Bawah Barumahan Barasih Sampah (Germas B’babasah) dengan target 100.000 kolong rumah.

Peluncuran ini langsung dihadiri Wali Kota Ibnu Sina, Wakil Ketua DPRD Muhammad Yamin, Sekda Ikhsan Budiman, sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah, camat, serta jajaran terkait, yang berlangsung di siring depan balai kota, Selasa (24/01/2023).

Ibnu berharap dengan adanya gerakan ini, setengah dari jumlah rumah yang ada di Kota Banjarmasin harus bersih dari sampah pada kolongnya.

“Kami berharap upaya ini jangan tanggung-tanggung. Kita sering juga melihat rumah-rumah pinggir sungai itu sangat kotor. Mudah-mudahan dengan gerakan ini menjadi bersih, hingga berdampak terhadap kesehatan warga, dan kualitas alam yang lebih baik,” ungkapnya usai kegiatan.

Pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis mobil operasional angkutan sampah (berupa pikap dum), yang berasal dari pengadaan tahun 2022, diberikan kepada masing-masing kecamatan.

“Agar teman-teman dari kecamatan, lurah, dinas terkait, dan didukung RT RW bisa lebih semangat melaksanakan gerakan kebersihan di setiap akhir pekan,” pungkasnya.

Editor : Achmad MT