SHM: Warga Perlu Pendampingan Pemerintah Soal Legalitas Tanah

Syafruddin H. Maming, Calon Bupati Tanah Bumbu

JURNALKALIMANTAN.COM, TANAH BUMBU Calon Bupati Tanah Bumbu, Syafruddin H. Maming, bersilaturahmi ke Desa Saring Sungai Binjai, Kecamatan Kusan Hilir. Warga yang datang untuk menemui Syafruddin, sempat menyampaikan keluh kesah soal legalitas lahan dan tanah di wilayah mereka.

“Keluhan-keluhan soal tanah dan agraria ini sangat sering kami temui. Ini pasti akan jadi perhatian kami jika nantinya diberi amanah memimpin Tanah Bumbu,” kata Syafruddin H. Maming, Selasa (22/9).

Menurutnya, permasalahan tanah tidak akan terjadi jika warga mendapatkan pendampingan dari pemerintah soal legalitas lahan. Saat ini, Syafruddin yang sempat duduk di Komisi VII DPR RI, menyatakan akan mencoba menampung keluhan warga soal masalah lahan di seluruh Tanah Bumbu.

“Kami coba kumpulkan dulu jenis permasalahan lahannya. Pendampingan dari pemerintah untuk membantu legalitas warga, tentunya jadi sangat penting. Semuanya bisa jelas kalau sesuai regulasi dan semangat membantu masyarakat,” kata Syafruddin.

Lelaki yang akrab disapa Cuncung ini menyadari, bahwa masalah agraria sangat mungkin terjadi di Tanah Bumbu. 

“Terlebih lagi di daerah transmigrasi. Warga kita ini tidak banyak yang mendapatkan pendampingan soal legalitas tanah, karena transaksinya biasanya kekerabatan. Di sinilah harusnya pemerintah bisa berperan agar tidak terjadi konflik, dan Tanah Bumbu tetap harmonis,” kata Syafruddin.

Editor : Ahmad MT