Tindaklanjuti Aspirasi Masyarakat, Ketua DPRD Kalsel Tinjau Pengerukan Sungai Desa Rintisan

Supian HK
Saat reses, Ketua DPRD Kalsel Tinjau Sungai Desa Rintisan Di Hulu Sungai Utara. Foto by humas DPRD Kalsel

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI UTARA – Usai melaksanakan reses masa sidang ketiga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), 27–31 Oktober 2020, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK. berharap, kanal atau sungai Desa Rintisan di Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), dapat mencegah banjir dan menjadi alur transportasi alternatif baru menuju Sungai Barito.

“Pengerukan alur sungai atau kanal itu, merupakan aspirasi dari masyarakat ketika melaksanakan reses sebelumnya, yang kemudian ditindaklanjuti dengan peninjauan pada saat reses kali ini,” ujar kader Partai Golkar ini, kemarin.

Berdasarkan hasil pemantauannya, pekerjaan pengerukan sudah lebih kurang 50%, atau terealisasi 15 kilometer dari panjang keseluruhan sekitar 30 kilometer.

“Alhamdulillah sudah terealisasi 50%, di mana di sebelahnya juga akan ada jalan yang menyambung antara Desa Danau Panggang dan Desa Paminggir,” jelasnya.

Dengan pengerjaan ini, Supian menegaskan, bahwa tempat kelahirannya ini bukanlah daerah tertinggal, karena sudah banyak proyek pembangunan yang dilakukan.

“seperti jalur Tampakan–Pal Batu, sejak zaman Belanda dan selama 64 tahun saya hidup, belum pernah dikeruk, sekarang sudah dikeruk,” sambungnya.

Sementara H. Akhmad, salah seorang warga yang ditemui, mengungkapkan rasa terima kasih dengan terealisasinya aspirasi maupun keinginan masyarakat, akan hadirnya jalur transportasi alternatif ini.

“Sangat bangga masyarakat di sini dengan adanya pengerukan alur ini, dan berterima kasih dengan terealisasinya aspirasi masyarakat, sehingga diharapkan dapat menghindari banjir,” ucapnya.

Editor : Ahmad MT