Toko-toko Retail di Kab. Banjar Diusulkan Beroperasi Hanya Sampai Pukul 5.00 Sore

Toko-toko Retail di Kab. Banjar Diusulkan Beroperasi Hanya Sampai Pukul 5.00 Sore
Toko Retail Modern

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJAR – Ketua DPRD Kabupaten Banjar M. Rofiqi, sedang mempersiapkan peraturan daerah untuk toko retail modern, yang harus tutup pada pukul 5.00 sore.

Hal tersebut diungkapkannya usai menghadiri pelantikan para kepala desa di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Jumat (02/07/2021).

Advertisement

“Karena dalam paham kami, bahwa ekonomi kebangsaan itu, UMKM kita harus didorong ketika ada monopoli pasar. Misalkan dari pengusaha-pengusaha besar, yang retail-retail besar ini, yang bahkan setiap satu kilometer sudah ada lagi, kapan UMKM kita mau berkembang,” kata Rofiqi.

“Makanya kemarin kami punya data yang cukup bagus, ketika lebaran kemarin di mana mal tutup, yang pada akhirnya membikin pasar tradisional kita itu lebih ramai pembelinya,” lanjutnya.

Ketua DPRD Kabupaten Banjar M. Rofiqi
Ketua DPRD Kabupaten Banjar M. Rofiqi

Rofiqi menilai, toko-toko retail yang buka 24 jam bisa memberikan kerugian kepada pengusaha-pengusaha kecil.

“Kami harap nantinya akan ada pembatasan jam buka, seperti pukul 5.00 sore harus sudah tutup. Kami berharap kepada masyakarat, kalau malam hari itu belanjanya di warung-warung tradisional. Jangan sampai lagi toko-toko retail 24 jam bukanya, itu akan mematikan usaha-usaha kecil,” cetusnya.

Saat ditanya apakah memungkinkan membuat aturan itu, Rofiqi optimis pihaknya bisa menggodoknya.

“Niat dahulu yang penting, bisa atau tidaknya, bertentangan atau tidaknya dengan peraturan yang di atas, nanti kita lihat. Tetapi buat kami, meniru kata-katanya Anies Baswedan, satu lembar kertas dan satu tanda tangan cukup, yang penting niat kita itu membela UMKM,” tegasnya.

Rofiqi menekankan lagi, bahwa tidak akan ada pelarangan aktivitas toko-toko retail, melainkan pembatasan jam operasionalnya saja.

“Diakan (toko-toko retail, red) masih boleh tetap buka sampai pukul 17.00, namun pada pukul 17.00 ke atas sudah tidak boleh buka lagi,” urai Rofiqi menjelaskan usulannya.

Reporter : Wahyu F
Editor     : Ahmad MT

Advertisement