5 Desa di Batola Mendapat Bantuan Program Hibah Ternak Itik

Hibah Ternak Itik

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) menyosialisasikan program hibah ternak itik, dalam kegiatan Bedah Kampung Terintegrasi Tahun 2021, di Aula Serba Guna Kantor Dinas Kehutanan Perkebunan dan Peternakan (DKP2) Batola, Selasa (14/09/ 2021).

Kepala DKP2 Batola Joko menjelaskan, kegiatan yang dihadiri perwakilan dari berbagai desa tersebut, bertujuan membantu masyarakat, baik dari segi perekonomian maupun pemberdayaan.

“Program ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah daerah untuk menyejahterakan warga Batola,” ungkapnya di sela kegiatan.

Adapun desa yang menjadi sasaran adalah Jambu Baru Kecamatan Kuripan, Palingkau Kecamatan Bakumpai, Cahaya Baru Kecamatan Jejangkit, Antasan Segera Kecamatan Mandastana, dan Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir muara.

“Masing-masing kelompok menerima bantuan pembuatan kandang dengan dana Rp3.152.216,00 yang dipotong pajak, dan langsung ditransfer,” tambah Joko.

Selain itu, mereka juga menerima bantuan bahan pembuatan kandang berupa paku 2 kg, kayu 5/7 meter 21 balok, atap rumbia 212 lembar, bambu 30 ikat, dan galam 30 batang.

Dari 5 kelompok, Desa Jambu Baru dan Palingkau direncanakan mengembangkan jenis ternak ayam, dengan alasan bahan pakan yang dibutuhkan lebih mudah untuk didapatkan.

(Alibana/AhmadMT)