Aksi B’Babasah 2024, Ratusan Penggerak Lingkungan Mulai Bersihkan Setiap Sudut Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan B’Babasah, atau Bawah Barumahan Barasih Sampah, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Aksi itu dipimpin langsung Wakil Wali Kota Arifin Noor, didampingi Kepala DLH Alive Yoesfah Love, para asisten, camat, lurah, serta satuan penggerak lingkungan.

Gerakan Masyarakat B’Babasah kali ini diawali dengan pelaksanaan terpusat di bawah Jembatan Banua Anyar, samping Museum Wasaka.

Pada pembukaan kegiatan, Arifin Noor menjelaskan, aksi ini akan dilaksanakan satu bulan penuh di 5 kecamatan. Ia berharap, dengan adanya inovasi dari DLH ini, sampah-sampah yang ada di bawah rumah maupun yang ada di sungai menjadi bersih dan mencemari lingkungan.

“Mari kita lakukan bersama-sama, jangan sampai membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai atau bawah rumah. Mudah-mudahan apa yang kita inginkan menuju Banjarmasin Baiman, Banjarmasin barasih wan nyaman dapat kita rasakan bersama masyarakat,” ungkapnya, Jumat (14/06).

Sementara itu, Kadis Alive Yoesfah Love mengatakan, pada hari ini DLH melaksanakan 2 kegiatan, yaitu B’Babasah dan pembagian bakul untuk para pengelola kurban, guna mengurangi sampah plastik.

Wawali (kanan) serahkan simbolis bakul

“Untuk bakul ada 2.200 yang kita bagikan. Kemudian untuk B’Babasah, nanti akan kita timbang berapa hasil plastik-plastik yang kita ambil,” pungkasnya.