Banjir di  Desa Karang Bintang Tanah Bumbu Mulai Surut

Pantauan anggota BPBD Tanbu

JURNALKALIMANTAN.COM ,TANAH BUMBU – Banjir yang terjadi di Desa Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu , sudah mengalami penurunan ± 30 cm dari permukaan rumah.

Sedangkan banjir di Desa Selaselilau Kecamatan Karang Bintang, pengungsi  berangsur dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

Informasi ini berdasarkan laporan Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Sabtu (3/2/2024).

Pemkab Tanbu melalui Dinas Sosial juga mendirikan dapur umum. Sementara itu, petugas di siagakan di lokasi banjir.

Yakni petugas dari BPBD, Kecamatan, Basarnas, Aparat Desa, TNI/Polri, Dinas Kesehatan (Puskesmas) Dinas Sosial/Tagana, masyarakat, dan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Kalak BPBD Tanbu Sulhadi melaporkan, bahwa pada Jumat (2/2/2024) terjadi bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan lokasi di Kecamatan Karang Bintang, yakni Desa Selaselilau RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04, Desa Bintang Makmur RT 01, RT 02 dan RT 03, Desa Karang Bintang RT 04, RT 05 dan RT 06.

Penyebab banjir meluapnya sungai di Karang Bintang akibat kiriman air dari hulu sungai Mantewe.

Dampak kejadian menyebabkan air merendam permukaan jalan dan rumah serta mengakibatkan beberapa rumah dan perkebunan warga terendam.

Evakuasi warga terdampak banjir bersama Basarnas, aparat desa, warga dan pihak kecamatan.

Pihanya juga membuat posko induk banjir, menyerahkan kebutuhan logistik untuk dapur umum, dan mengevakuasi ternak warga ke tempat yang lebih aman.  (MC Tanbu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *