Dispersip Kalsel Sasar HST untuk Peningkatan Mutu Perpustakaan

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan kembali melakukan pembinaan ke tingkat kabupaten/kota, guna memperkuat kualitas pengelolaan pusat sumber ilmu pengetahuan di daerah.

Menyasar Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), kegiatan yang bekerja sama dengan Dispersip setempat ini dibuka oleh Kepala Dispersip Kalsel, Diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Wildan Akhyar, S.E., M.Si., di Aula Kantor Dispersip HST, Kamis (25/08/2022).

Acara ini diikuti 50 pengelola perpustakaan desa, sekolah, khusus/instansi.

Wildan menegaskan, pembinaan ini sebagai wujud dorongan pemerintah provinsi kepada daerah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan perpustakaan, guna dapat memenuhi standar nasional perpustakaan.

Hal itu di antaranya meliputi standar koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan.

“Tentu ini juga untuk meningkatkan dan mempertahankan pencapaikan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tertinggi yang diraih Kalsel, dan peningkatan Indeks Kegemaran Membaca (IKM) Indonesia,” ungkapnya dalam paparanya.

Kabupaten HST merupakan daerah ke-9 yang didatangi Dispersip Kalsel untuk melakukan pembinaan di tahun 2022 .

Editor : Achmad MT