Gebyar PAUD 2024 di Barito Kuala, Peserta Nyanyikan Lagu Paris Barantai

JURNALKALIMANTAN.COM,BARITO KUALA – Suasana ceria terlihat jelas di halaman Pemkab Barito Kuala, Selasa (28/05) pagi, dengan kehadiran ratusan anak PAUD.

Lagu Paris Barantai mengiringi tarian massal sebagai tanda dimulainya puncak Gebyar PAUD Tahun 2024 di wilayah tersebut.

Rangkaian kegiatan dimulai pada tanggal 21 dan 22 Mei 2024, dilanjutkan puncaknya di tanggal 28 Mei yang diramaikan beragam lomba.

Total ada 11 lomba, yakni 3 lomba kelompok dan 8 lomba perorangan.

Pesertanya mulai dari siswa TK, Kelompok Bermain, Taman Pendidikan Al Quran, Tenaga Pendidik, hingga Bunda PAUD tingkat kecamatan dan desa se-Kabupaten Barito Kuala.

Pj. Bupati Barito Kuala, Mujiyat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gebyar PAUD merupakan gambaran tauladan kepada generasi bangsa melalui ruang anak-anak untuk berkreativitas.

Di samping untuk mendukung bakat seni, juga sebagai perwujudan kasih sayang dan kepedulian terhadap kelangsungan masa depan yang cerah bagi para calon generasi muda bangsa.

“Tauladan diciptakan dari hal-hal kecil, berbagai lomba yang sifatnya memberikan motivasi, juga memberikan sentuhan moral buat anak didik kita. Sedini mungkin telah diberikan ruang untuk mencintai bangsanya, untuk mengingat Pancasila sebagai roh bangsa yang kuat,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan harapan dan keinginannya di hadapan para peserta dan undangan yang hadir, untuk menjadikan anak-anak sebagai generasi penerus yang baik, berkualitas dan mampu menjawab persaingan di masa depan.

Mujiyat pun mengajak untuk menjaga dan melindungi anak-anak dengan segenap upaya dalam rangka terpenuhinya segala hak anak untuk tumbuh dan berkembang, serta mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Barito Kuala, Lulut Widiyanto Putro, mengatakan tujuan dilaksanakannya Gebyar PAUD sebagai upaya menumbuhkembangkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya PAUD dan memberikan stimulasi aspek tumbuh kembang anak.

Puncak Gebyar PAUD turut dihadiri oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan se-Kabupaten Barito Kuala, Pegawas TK, Bunda PAUD kecamatan dan desa, Pengurus TP PKK dan perwakilan Dharma Wanita Persatuan. (Wke/Foto: Ben/Kominfo/Viz)