Isbar Banat akan Lakukan Safari Dakwah di Kawasan Pegunungan

Isbar Banat
aksi sosial keagamaan Isbar Banat di Rumah Qur'an Al-Hafidz Desa Andang, Kecamatan Haruyan, (28/04/2022)

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Dalam rangka menggerakkan partisipasi pemuda pada berbagai kegiatan masyarakat, Ikatan Santriwati Dalpa Barabai (Isbar Banat) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), kembali mewacanakan melakukan kegiatan keagamaan di wilayah Bumi Murakata.

Tak tanggung, kegiatan tersebut bakal dilakukan di pemukiman kawasan Pegunungan HST.

“Rencananya kami akan mengadakan safari dakwah ke masyarakat pegunungan,” ungkap Amalia Hasanah ketua Tim Dakwah Isbar Banat Barabai melalui siaran persnya, Senin (09/05/2022).

Sebelumnya Isbar Banat telah sukses melaksanakan aksi sosial keagamaan di Rumah Qur’an Al-Hafidz Desa Andang, Kecamatan Haruyan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Ramadan lalu, lanjut Amalia menceritakan, diawali dengan perkenalan anggota, dilanjutkan bersama-sama menyanyikan lagu Hafiz Qur’an, yang disambung pembelajaran tahsin dan menjagakan setoran hafalan para santri, bermain sambung ayat berhadiah, hingga penyerahan piagam penghargaan kepada Rumah Qur’an Al-Hafidz.

Amalia Hasanah juga menjelaskan, dipilihnya Rumah Qur’an Al-Hafidz, karena pendirinya merupakan seorang Perempuan Inspirasi Milenial, yakni Nur Hapijah.

“Ini bisa menjadi contoh untuk para wanita generasi milenial. Kita semua pasti bisa seperti itu, kita bisa jadi wanita yang bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa,” ungkap Amalia.

Ia juga mendorong perempuan generasi muda untuk bisa menunjukkan perannya bagi masyarakat banyak, selain aktif membantu pekerjaan rumah bagi keluarga.

“Berinovasi, kreatif, dan bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara. Usia muda bukan berarti digunakan sekadar bermain-main dan foya-foya, tapi di masa muda inilah kita harus mencari banyak pengetahuan dan pengalaman, apalagi dalam hidup bermasyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Isbar Banat merupakan salah satu organisasi santriwati Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan.