Kemunculan Buaya Liar ke Permukaan Air di Desa Gohong Meresahkan Warga

Penampakan Buaya Liar dari Atas Jembatan Desa Gohong

JURNALKALIMANTAN.COM, PULANG PISAU – Kemunculan buaya liar di Daerah Aliran Sungai Kahayan, tepatnya di Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, membuat resah masyarakat.

Jamil, salah seorang warga, sempat melihat langsung penampakan predator tersebut hingga berinisiatif mengambil gambar dan merekam video.

“Tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB saya lewat jembatan, lalu tidak sengaja melihat ada yang berenang dan langsung saya video, ternyata seekor buaya muncul dan berenang. Perkiraan saya ukurannya cukup besar, karena panjangnya berkisar 4 meter,” ujarnya.

Menurut Jamil, itu bukan yang pertama dirinya melihat, karena sehari sebelumnya juga menyaksikan buaya tersebut muncul ke permukaan.

“Infonya buaya itu juga sering muncul di dekat Pelabuhan Pasar Agrobisnis Desa Gohong, di situ daerah permukiman warga, tentu kami merasa khawatir,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gohong Epansyah Rulhadi, kepada awak media, membenarkan adanya kemunculan buaya liar tersebut. Berdasarkan informasi dari warganya, terakhir kemunculan buaya itu pada pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (10/07/2024).

“Untuk warga sekitar diharapkan berhati-hati saat mandi atau beraktivitas di bantaran sungai. Jangan bercebur ke sungai! Terutama untuk anak-anak, karena kemunculan buaya tersebut kerap kali muncul ke permukaan, dan itu sangat dekat dengan permukiman warga,” imbaunya.

Epansyah menambahkan, akan berkoordinasi dengan pihak terkait yang khusus menangani buaya liar, dan segera membuat spanduk peringatan untuk warga agar berhati-hati di DAS Kahayan.

(Ded)