Ombudsman Pantau Penanganan Banjir di Kalimantan Selatan

Ombudsman kalsel
Hadi Rahman dan tim Ombudsman melihat langsung kondisi posko pengungsian korban banjir di Kecamatan Gambut (18/01)

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU Menyikapi banjir yang melanda hampir seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sesuai tanggung jawab dan kewenangannya, Ombudsman Republik Indonesia (RI) perwakilan Kalsel, melakukan tindak lanjut melalui langkah-langkah awal yang dinilai urgen untuk penanganan banjir, seperti mengumpulkan nomor kontak tanggap darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari seluruh kabupaten/kota, dan mempublikasikan hasilnya melalui kanal-kanal informasi Ombudsman yang dapat diakses publik.

Selanjutnya, memfasilitasi pengaduan dari masyarakat yang terdampak atau keluarganya yang memerlukan bantuan/evakuasi segera, dan meneruskan pengaduan tersebut ke BPBD atau unit tanggap darurat terdekat. Kemudian melakukan koordinasi dengan unit pengelola pengaduan, terkait penyediaan informasi posko pengungsian dan informasi penyaluran bantuan di masing-masing kabupaten/kota yang terdampak.

Selain itu, Ombudsman juga melakukan pemeriksaan dan pemantauan ke beberapa wilayah dan posko pengungsian, untuk mengumpulkan data dan informasi aktual dari petugas pelaksana di lapangan serta para korban banjir. Selanjutnya, berkoordinasi dengan instansi pelayanan publik lainnya, guna memastikan pelayanan dasar tetap dapat berjalan semaksimal mungkin.

“Pemantauan awal Ombudsman berfokus pada tiga hal, yaitu penanganan evakuasi, penyediaan posko pengungsian, dan distribusi bantuan logistik,” tutur Hadi Rahman, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, melalui siaran persnya, Rabu (20/01/2021).

Dirinya menegaskan, pihaknya juga telah menyerahkan bantuan materiel yang berasal dari belanja dana sumbangan insan Ombudsman RI.

Bantuan yang diserahkan, berupa makanan cepat saji, kebutuhan bahan pokok, susu, vitamin, obat-obatan, popok anak dan dewasa, pembalut wanita dan pakaian dalam.

“Bantuan ini merupakan partisipasi dan wujud kepedulian sosial dari insan Ombudsman terhadap masyarakat Kalsel,” imbuh Hadi Rahman.

Bantuan tersebut diserahkannya langsung kepada Iswantoro, Sekretaris BPBD Kalsel, untuk kemudian didata, guna pendistribusian kepada para korban banjir.

“Bantuan ini tidak hanya berasal dari partisipasi insan Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, namun juga dari insan Ombudsman RI pusat dan kantor perwakilan di provinsi lainnya, yang turut berduka atas terjadinya bencana ini,” lanjut Hadi Rahman.

ombudsman kalsel
Hadi Rahman bersama Sekretaris BPBD Provinsi Kalsel, Iswantoro

Lewat kepedulian ini, ia berharap dapat bermanfaat dan membantu meringankan beban para korban banjir.

Sekretaris BPBD Kalsel, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Ombudsman RI Perwakilan Kalsel ini.

“Bantuan yang kami terima akan didistribusikan kepada warga yang membutuhkan. Tidak lupa kami ucap terima kasih juga, karena telah memberikan vitamin dan suplemen untuk para personel Tim BPBD yang bertugas di lapangan, semoga mendapat balasan dari Allah Swt.,” pungkasnya.

Editor : Ahmad MT