Paman Birin Hadiri Festival Pasar Terapung Lok Baintan

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJAR – Aneka jukung dihiasi berbagai pernak pernik tampak menyemarakan kegiatan Festival Pasar Terapung, di dermaga Pasar Terapung Lok Baintan, Minggu (30/10/2022) pagi.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang hadir dalan festival itu pun tak segan-segan naik perahu pedagang.

Selain menyapa dan berinteraksi dengan para pedagang, Paman Birin juga membeli aneka dagangan yang ditawarkan para pedagang.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin bertemu dengan DR. Guy Martini yang merupakan Jenderal Global Geopark Network (GGN) yang sekaligus Ketua Dewan Unesco Global Geopark (UGGP).

Kedatangan Guy Martini bersama tim delegasi Unesco ini dalam rangka kegiatan advisory mission dan pra penilaian Geoprak Nasional Meratus menuju Unesco Global Geopark Meratus dengan mengunjungi sejumlah geosite Meratus.

Pada pembukaan Festival Pasar Terapung itu, Paman Birin menyampaikan, apresiasi kepada Pemkab Banjar atas terlaksananya kegiatan dan berharap sinergitas antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat terus terjalin, sehingga program yang dilaksanakan dapat seirama dan pembangunan dapat cepat berjalan.

Kegiatan juga merupakan salah satu bagian dari tiga kegiatan Kharisma Even Nusantara dan ini sangat membanggakan Kabupaten Banjar terpilih oleh Kemenparekraf di program kegiatan tersebut,” kata Paman Birin.

Staf Ahli Kemenparekraf Dadang Rizky Rahmad mengatakan, kegiatan seperti Pasar Terapung ini merupakan giat pariwisata yang tak lepas dari peran promosi di dalamnya.
Dadang mengajak semua aspek mempromosikan pariwisata termasuk peran media dalam pemberitaan terkait kegiatan Pasar Terapung ini dengan mengajak wisatawan untuk hadir di kegiatan tersebut.

”Kegiatan ini akan membangkitkan sisi ekonomi daerah, dengan kunjungan wisatawan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, even tahunan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Banjar kali ini dilaksanakan dengan konsep hybrid mengangkat tema ” Semangat Menggenggam Tradisi Budaya Sungai Masyarakat Banjar”.

Saidi juga merinci berbagai rangkaian kegiatan di festival pasar terapung ini yang bisa disaksikan oleh para pengunjung.

“Rangkaian kegiatan Festival Pasar Terapung Lok Baintan, seperti penampilan formasi jukung, lomba fotografi, live musik dan bazar ekonomi kreatif,” jelas Saidi.

Dirinya menambahkan, kegiatan diharapkan kembali meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta seluruh potensinya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar.
(Sumber rilis/adpim)