Panglima Laskar Banua Borneo, Takjub dengan Kemajuan Layanan Perpustakaan Palnam

Panglima Laskar Banua Borneo
Staf Bupati Tanah Bumbu mengunjungi perpustakaan palnam

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Panglima Laskar Banua Borneo (LBB) H. Risdianto Haleng H.B., merasa takjub dengan kenyamanan dan layanan Perpustakaan Palnam, saat berkunjung Selasa (13/7/2021) kemarin, yang berlokasi di Jalan A. Yani Kilometer 06 Banjarmasin.

Kedatangannya ini disambut langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dra. Hj. Nurliani, M.A.P., beserta sekretarisnya dan Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan, yang kemudian diajak berkeliling melihat langsung sejumlah fasilitas dari pusat sumber belajar masyarakat tersebut.

Advertisement

“Luar biasa maju perpustakaan Kalsel, tidak menyangka bisa sebagus ini. Beberapa tahun silam saya sempat ke sini, belum sebagus sekarang, kalau sekarang ini luar biasa, saya sampai takjub,” bebernya.

Ditambahkannya, selain untuk bersilaturahmi, ia juga mendorong pemerintah untuk menjadikan perpustakaan sebagai salah satu prioritas pembangunan.

“Tempatnya di sini bersih. Fasilitas anak, baik belajar maupun bermain sudah cukup lengkap, bahkan kalau dilihat seperti ini, perpustakaan ini bisa dikategorikan menjadi tempat wisata juga,” tambah pria yang juga merupakan staf khusus Bupati Tanah Bumbu tersebut.

Sementara itu, Kadispersip Kalsel melalui sekretarisnya, Muhammad Ramadhan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini, yang memang memerlukan banyak dukungan dari berbagai pihak, untuk pemenuhan program pembangunan perpustakaan di Kalimantan Selatan.

“Saat ini tingkat kegemaran membaca di Kalsel belum terbilang bagus, meskipun memiliki Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia,” bebernya.

Bunda Nunung (sapaan akrab Kadispersip Kalsel) juga menambahkan, tingkat kegemaran membaca masyarakat Kalsel berada pada posisi ke 17 dari 34 provinsi di Indonesia, dengan nilai 55,85% berdasarkan hasil survei Perpusnas RI tahun 2020 lalu.

Sementara untuk IPL, Kalsel menjadi provinsi dengan IPL tertinggi se-Indonesia dengan nilai 48,7.

Advertisement