Pemkab HST Raih Tiga Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim menyerahkan penghargaan Anugerah Utama kepada Bupati HST, H Aulia Oktafiandi dalam Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024

JURNALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), borong tiga penghargaan tingkat Nasional, dalam Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jum’at (05/07/2024).

Penghargaan yang diraih ialah Anugerah Merdeka Belajar kategori Anugerah Utama, Transformasi Pembelajaran, dan Transformasi Anggaran.

Penghargaan ini diserahkan langsung Oleh Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim, dan diterima Bupati HST, H Aulia Oktafiandi.

Prestasi yang diterimanya itu merupakan Anugerah Merdeka Belajar kedua setelah sebelumnya juga menerima pada tahun 2023 di Yogyakarta.

Torehan tiga penghargaan Anugerah Merdeka Belajar ini cukup spesial, dikarenakan Kabupaten HST merupakan satu-satunya se-Kalimantan yang mendapatkan Anugerah tersebut.

Hal tersebut juga menjadikan Bupati HST, H Aulia Oktafiandi sebagai Bupati satu-satunya se-Kalimantan yang mendapat penghargaan dalam Anugerah Merdeka Belajar 2024.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi berterimakasih kepada seluruh insan pendidikan dan unsur Dinas Pendidikan Kabupaten HST yang berkontribusi besar terhadap peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten HST.

Bupati Aulia mengungkapkan, Kabupaten HST sangat serius mengadaptasi dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar.

“Kami menganggap kurikulum tersebut sudah sesuai dengan tujuan kita tentang bagaimana memanusiakan manusia, dan membuat anak-anak belajar dengan cara menyenangkan,” ungkapnya.

Bupati HST saat memberikan keterangan pers usai menerima penghargaan Anugerah Utama dari Kemendikbudristek RI di Jakarta Convention Center, Jum’at (05/07/2024) malam.

Bupati Aulia menjelaskan, dalam praktiknya Pemkab HST terlebih dulu menguatkan sumber daya manusia (SDM) guru-guru dan mendorong digitalisasi dalam pembelajaran.

“Hasilnya, dalam dua tahun belakangan Kabupaten kami menghasilkan guru yang betul-betul bisa memanfaatkan teknologi sehingga anak-anak mulai senang belajar,” jelas Aulia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan HST H.Muhammad Anhar, juga turut berterimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di HST, sehingga selama dua tahun berturut-turut menorehkan prestasi tingkat Nasional.

“Ini bukan hanya kerja Dinas Pendidikan, ini kerja kita bersama,” ungkap Anhar.

Foto bersama Bupati HST, H Aulia Oktafiandi bersama jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten HST

Anhar menyebut, pihaknya hanya melakukan hal-hal kecil namun dilakukan dengan cinta yang besar terhadap peserta didik.

“Sebenarnya kita hanya melakukan hal-hal kecil, namun kita melakukannya dengan cinta yang besar terhadap bagaimana peserta didik kita nantinya untuk lebih baik lagi dibanding generasi kita saat ini,” pungkasnya.

(Rz)