Beda dengan 2015, Pilgub 2020 di Batola Terlihat Lengang

Bupati batola mencoblos pilkada 2020
Hj. Noormiliyani, Bupati Barito Kuala usai menggunakan hak pilihnya untuk pilkada gubernur dan wakil gubernur kalsel, rabu 9 Desember 2020

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Rabu (09/12/2020), berlangsung aman, tertib dan lancar.

Hanya saja bila, dibandingkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, pilkada kali ini terlihat agak lebih lengang. Masyarakat yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya juga terlihat tidak bersamaan. Sehingga pencoblosan yang dilaksanakan terlihat tidak ada antrean.

“Mungkin karena situasi pandemi, sehingga mereka memilih datang secara bergantian,” tutur Jalal, salah seorang warga saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 08 Kelurahan Marabahan Kota.

Pada pilkada kali ini, Bupati Hj. Noormiliyani A.S., didampingi suami, H. Hasanuddin Murad beserta sang anak, Akhmad Akbar Tawakkal, mencoblos di TPS 1 Kelurahan Marabahan Kota. Ketiganya datang menggunakan satu mobil sekitar pukul 09.00 WITA.

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) H. Rahmadian Noor beserta isteri, Hj Saraswati Dwi Putranti, mencoblos di TPS 16 Perumahan Korpri Komplek Galam I, Kelurahan Ulu Benteng. Wabup dan isteri datang lebih awal, sekitar pukul 07.30 WITA.

Wakil bupati batola
H. Rahmadian Noor, Wakil Bupati Barito Kuala bersama Isteri meggunakan Hak pilih, Rabu 9 Desember 2020

Sebelum menggunakan hak pilih, bupati dan wabup beserta keluarga, sebagaimana masyarakat lainnya, harus memenuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menggunakan sarung tangan.

Usai menggunakan hak suara, bupati dan wabup serta Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) H. Abdul Manaf, bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah dan Tim Desk Pilkada, memonitor ke seluruh kecamatan di Batola.

Rombongan Bupati didampingi Kepala Kepolisian Resor (Polres) Batola (AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif), Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1005/Marabahan (Letkol ARM Ari Priyodono), Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Batola (La Kanna), Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batola (Agung Purnomo), memonitor di Kecamatan Cerbon, Rantau Badauh, Mandastana, Jejangkit, dan Alalak.

Wabup didampingi jajarannya, memantau di Kecamatan Barambai, Wanaraya, Belawang, dan Anjir Pasar.

Rombongan Penjabat Sekda H. Abdul Manaf, didampingi anggota DPRD, perwakilan dari kodim, polres, dan kejari, berkunjung ke Kecamatan Anjir Muara, Tamban, Mekarsari, dan Tabunganen.

Sedangkan pejabat lainnya, memonitor di Kecamatan Marabahan, Bakumpai, Tabukan, dan Kuripan.

Editor : Ahmad MT