Begini Solusi Antisipasi Banjir dari Ketua DPRD Kalsel

Ketua DPRD Kalsel
H. Supian HK, Ketua DPRD Kalsel

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Supian H.K., mengajak semua pihak untuk mencari solusi penanggulangan dan antisipasi banjir, agar kejadian serupa tidak terulang.

“Kita jangan saling menyalahkan. Hal itu hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga, mari lebih mencari solusinya,” ujarnya, di Gedung DPRD Kalsel, Selasa(26/01/2021). 

Ia juga menegaskan, yang terpenting saat ini adalah mempercepat penanggulangan banjir, agar masyarakat yang terdampak bisa segera beraktivitas lagi, dan pembangunan jalan kembali.

Pihaknya berpendapat, salah satu solusi antisipasi banjir, adalah melakukan pengerukan, atau membuat lebih dalam sungai-sungai yang menjadi tempat pelarian genangan air, serta menormalisasi anak-anak sungai dan saluran terbuka.

Untuk itu, ia mengusulkan pengerukan ambang Sungai Barito, yang diperkirakannya sudah banyak endapan lumpur, sehingga air tidak cepat mengalir ke laut kalau terjadi banjir.

“Begitu pula Sungai Martapura, juga harus dikeruk. Karena kalau terlalu banyak air yang mengalir, lama-kelamaan bisa menjadi dangkal, dan jika banjir terjadi, airnya lambat surut,” jelasnya.

Baca Juga : Banjir Kalsel Meluas, Ketua DPRD Buka Tempat Pengungsian

Selain itu tambahnya, perlu saluran khusus antara Kecamatan Gambut di Kabupaten Banjar menuju Liang Anggang di Kabupaten Tanah Laut, untuk melarikan air yang datang dari Kota Banjarbaru, agar jangan sampai masuk Kota Banjarmasin.

Mengenai pengerukan sungai dan pembuatan kanal baru, dia menunjuk Hulu Sungai Utara sebagai contoh, di mana ketika banjir, airnya cepat surut.

“Hal lain yang tidak kalah penting, terutama bagi Kota Banjarmasin, perlu penegakan Peraturan Daerah tentang Rumah Panggung, yang berisikan larangan menguruk lahan untuk membangun rumah, karena berdampak menyempitnya daerah tangkapan air,” pungkasnya.

Editor : Ahmad MT