Besarnya Peran Masyarakat dalam Menyukseskan Pilkada 2024 di Kabupaten Kapuas

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat memberikan sambutan pada acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024

JURNALKALIMANTAN.COM, KUALAKAPUAS –Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Tahun 2024 di Lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Ahad (19/05) malam, berlangsung meriah dan mendapat antusiasme luar biasa dari masyarakat.

Masyarakat terlihat memadati kawasan stadion untuk menyaksikan pertunjukkan, seperti tarian tradisional khas Dayak serta hiburan musik oleh Ruri Republik, Tommy Kaganangan, Raymond Band dan penyanyi dangdut Mahrita D’Academy.

Tampak hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Kapuas, Erlin Hardi; Sekda Kapuas, Septedy; unsur Forkopimda, Ketua KPU Provinsi Kalteng, Satriadi bersama jajarannya, Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Deden Firmansyah, dan Anggota KPU lainnya serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Erlin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan itu menandakan telah dimulainya tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024.

Menurutnya, masyarakat berperan besar dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nantinya dengan meningkatkan partisipasi pemilih.

“Sebagai bentuk pelaksanaan demokrasi yang ada di negara Indonesia, sehingga pemimpin terpilih nantinya benar-benar memiliki legitimasi yang kuat dari masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kapuas pun lanjutnya akan sepenuhnya memberikan dukungan kepada KPU Kabupaten Kapuas demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada.

Ia juga mengimbau kepada seluruh tokoh dan organisasi masyarakat, partai politik serta komponen lainnya agar mendukung setiap kegiatan Pemilu yang akan dilaksanakan nantinya.

“Khususnya kepada KPU Kabupaten Kapuas sebagai penyelenggara Pemilu untuk bisa bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangannya dengan tetap menjunjung tinggi asas-asas sebagai penyelenggara Pemilu yang integritas, independensi dan netralitas yang tinggi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalteng, Satriadi, yang sekaligus membuka acara kegiatan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, menyampaikan bahwa Pilkada akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2024.

“Yang mana pada tanggal 24 Juni sampai dengan 25 Juli 2024, ada kegiatan yang penting sekali, yaitu petugas kita akan melaksanakan pencocokan dan penelitian ke tiap-tiap rumah warga supaya terdaftar sebagai pemilih Bupati dan Wakil Bupati Kapuas,” ucapnya.

Masih dalam kegiatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Deden Firmansyah, menuturkan hasil yang ingin dicapai oleh pelaksanaan kegiatan ini.

Yakni penyebarluasan informasi jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas kepada masyarakat secara umum.

Dirinya juga mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilihan dalam membangun kehidupan demokrasi di Indonesia, khususnya Kabupaten Kapuas.

Dalam acara peluncuran pemilihan kepala daerah ini juga dilakukan penyerahan piala dan hadiah oleh Pj. Bupati Kapuas, Erlin Hardi dan pimpinan pejabat lainnya kepada para pemenang lomba desain maskot dan jingle yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kapuas. (hmskmf)