Bupati Lepas Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Kapuas Tahun 2022

Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Kapuas
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor dan unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas bersalaman usai melepas Jemaah calon haji dari Kabupaten Kapuas tahun 2022, di Halaman Masjid Al Mukarram Kota Kuala Kapuas, Kamis (16/6/2022).

JURNALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melepas secara langsung calon jemaah haji dari Kabupaten Kapuas tahun 2022, di Halaman Masjid Al Mukarram Kota Kuala Kapuas, Kamis (16/6/2022).

Tampak hadir Wakil Bupati Kapuas H.M Nafiah Ibnor, unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Kapuas.

Ben Brahim S Bahat, dalam sambutannya mengucapkan selamat jalan kepada calon jemaah haji dari Kabupaten Kapuas yang mana selama dua tahun lamanya tidak dapat terlaksana ibadah haji dan pada tahun ini akhirnya bisa melaksanakan ibadah haji.

“Alhamdulilah pada tahun ini kita dapat memberangkatkan saudara-saudara kita, sudah tentu ini suatu anugerah dari Allah SWT dimana bapak ibu sudah dalam daftar tunggu dan pandemi covid-19 pun menurun sehingga bisa berangkat haji,” ungkap Ben.

Ia pun mendoakan agar para calon jemaah haji ini dalam kondisi sehat sampai dengan keberangkatan dan pelaksanaan ibadah haji ditanah suci berjalan dengan lancar serta dapat pulang kembali dengan kondisi sehat di Kabupaten Kapuas.

“Saya, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas mendoakan agar para calon jemaah haji dapat menjalankan ibadah haji ditanah suci semuanya berjalan dengan lancar dan semuanya menjadi haji yang mambrur,” harap Ben Brahim.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H Hamidhan mengatakan bahwa calon jemaah haji untuk Kabupaten Kapuas tergabung didalam kloter 6 yang terdiri atas Kabupaten Kapuas, Barito Utara, Katingan, Sukamara, Barito Timur, Saruyan dan Murung Raya dengan total 360 jemaah.

“Untuk Jemaah haji Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah mendapat kouta haji sebanyak 731 jemaah, daftar tunggu untuk Kalimantan Tengah sendiri sebanyak 39.255,” ungkap H Hamidhan.

Untuk Kabupaten Kapuas sendiri H Hamidhan mengatakan, bahwa persiapan sudah dilakukan seperti melaksanakan manasik haji dan pendampingan Kesehatan untuk Jemaah haji.

Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang telah memberikan semuanya dan para stake holder yang terkait sehingga pelaksanaan persiapan keberangkatan berjalan baik.

“Mohon maaf apabila dalam pelayanan kami dari pendaftaran, pemberkasan dokumen dan lainnya ada hal yang tidak berkenan, semoga jemaah haji Kabupaten Kapuas memperoleh predikat haji yang mambrur” pinta H Hamidhan.

Ditempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas yang diwakili oleh Kabag Kesmas dan Kesra Riduanto dalam laporannya menerangkan bahwa jumlah calon jemaah haji Kabupaten Kapuas sebanyak 178 orang yang terdiri atas 85 laki-laki dan 93 perempuan.

Direncanakan keberangkat dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2022 di Halaman Masjid Agung Al Mukaram menuju asrama haji embarkasi Banjarmasin pukul 16.00 WITA dan tanggal 19 Juni 2022 pukul 15.50 WITA.

Diberangkatkan langsung ke Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah.

Salah seorang calon jemaah Haji Kapuas yang juga ketua rombongan satu, M Syarif Azhari mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, yang telah memberikan kelancaran dalam beribadah haji ke tanah suci mekkah salah satunya adalah pelaksanaan manasik dan kegiatan keberangkatan. (sumber hmskmf)