Disambut Meriah, Kadispersip Kalsel Buka Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan se-Kabupaten Balangan

Kepala Dispersip Kalsel (tengah) saat menyampaikan sambutan

JURNALKALIMANTAN.COM, BALANGAN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Nurliani Dardie, disambut suka cita dan tepuk tangan oleh peserta Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan di Kabupaten Balangan, berlangsung di Aula Benteng Tundakan Kantor Bupati, Kamis (20/6/24).

Turut hadir dan juga antusias menyambut adalah Kepala Dispersip Balangan beserta jajaran, yang berbangga bisa mengundang perempuan yang dinilai inspiratif tersebut.

Kegiatan ini dihadiri 50 pengelola perpustakaan sekolah dan desa di Balangan, daerah ke-13 dalam kegiatan pembinaan yang dilakukan Dispersip Kalsel.

Hj. Nurliani mengungkapkan, kegiatan ini menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan para pengelola terkait standar perpustakaan, hingga dapat mengikuti akreditasi. Akreditasi perpustakaan mengacu pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Agar dapat ikut akreditasi, para pengelola harus mengetahui cara untuk mengisi formulir yang terdiri dari 9 komponen, di antaranya mempunyai koleksi buku 1.000 judul, dan sudah mempunyai Nomor Pokok Perpustakaan.

“Selain tentunya sudah mempunyai gedung perpustakaan, serta mempunyai nilai indikator kunci, skor, dan bobot penilaian, serta lainnya,” ungkap Hj. Nulirani melalui siaran pers Dispersip Kalsel.

Sementara itu, Kepala Dispersip Balangan H. Rody Rahmadi Noor, menyampaikan rasa senang atas kegiatan ini, terlebih dihadiri Kepala Dispersip Kalsel yang memberikan sambutan dan arahan, hingga bantuan untuk meminjamkan sepeda motor trail untuk melayani pemustaka di pelosok desa yang tidak bisa dilalui roda 4.

“Terima kasih banyak, kami akan berupaya meningkatkan minat baca masyarakat dan memenuhi Standar Perpustakaan Nasional,” pungkasnya.