Dispersip Kalsel Latih Ibu-Ibu Berusaha Hidroponik

Praktek penanaman hidroponik

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan terus menggalakkan penerapan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

Melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis Hidroponik, gelaran ini mengangkat tema Bertani Asyik Skala Rumahan, yang diikuti puluhan ibu anggota Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteran Keluarga dari beberapa kabupaten/kota dan desa.

“Ini merupakan salah satu bukti komitmen dari Dispersip Kalsel dalam konteks transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, di mana perpustakaan bukan hanya sekadar mencerdaskan, tetapi juga menyejahterakan,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani Dardie melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Wildan Akhyar, di sela kegiatan, Kamis (28/07/2022).

Ia mengatakan, melalui bimtek ini pihaknya menginginkan masyarakat mampu memaksimalkan potensi-potensi lokal yang ada di sekitarnya.

“Tentunya ini akan memberikan dampak terhadap tingkat kesejahteraan mereka. Kami merangkul semua kalangan, semua umur, hingga panyandang disabilitas. Inilah bukti perpustakaan hadir di tengah masyarakat,” tambah Wildan.

Pada kegiatan ini diisi narasumber berpengalaman, yakni Nove Arisandi, yang mengambil referensi dari buku berjudul Hidroponik Rumahan.

Para peserta juga menyaksikan langsung praktik proses menanam dan pembuatan produk berbahan dasar tanaman hidroponik.

Editor : Achmad MT