Opini  

Ladang Bakti Tanpa Tepi

Foto : Istimewa

Penulis : H.M. Faisal – Ketua Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Kalimantan Selatan

  1. Dua Hari Raya

Tahun 1441 Hijriah bertepatan tahun 2020, Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah bersamaan dengan hari Jumat tanggal 31 Juli. Hari Raya ini sejatinya bergantung hampir sepenuhnya pada petani dan pertanian.

Ini bukti utama bahwa dunia pertanian merupakan ladang Bakti bernilai Ibadah menurut Islam. Bagaimana kita bisa meniadakan dunia pertanian ini, mustahil. Hewan korban wajib memenuhi kreteria tertentu sebelumnya.

Sejatinya idul Fitri juga mengakui secara gamblang dan simbolik dunia pertanian dalam bentuk nabati. Sedang Idul adha dalam asupan hewani. Kedua hari besar ini menunjuk langsung pentingnya pertanian dengan kebutuhan dasar pokok karbihidrat dan protein atau lebih syar’i Protein lalu karbohidrat. Ini bekerja untuk menjaga manusia dan kemanusiaan.

Mulailah dunia pertanian harus bersentuhan dengan bidang bidang keahlian dan logika lainnya. Pengukuran dan penakaran; administrasi, kesehatan hewan dan tumbuhan; matematika dan seterusnya yang bermanfaat pada pemenuhan syarat ibadah Qurban dan Zakat Fitrah.

Maka dengan segala kesadaran akan kebesaran sang Maha Pencipta ijinkanlah kami turut mengklaim bahwa Islam milik Petani Juga. Bahasa lebih sederhana adalah Dunia Pertanian adalah Islami.

  1. Dua Dunia

Pengistilahan ini muncul dari kehadiran teknologi informasi. Segala cerita dan berita serta derita dan bahagia dapat tersebar dalam hitungan detik. Lengkap dengan gambar bahkan video. Kemampuan untuk memeriksa akan keabsyahan sumber, waktu dan tempat tergeser sempurna oleh hasrat untuk menjadi yang terawal menyebarkan.

Inilah dunia Maya sebuah penggalan istilah lawas “Parang Maya”. Mistis yang saat ini berbasis teknologis.

Dunia maya ini juga mencakup pertanian dan agama.

Bagi generasi tua, saat ini berumur 40 tahun dan lebih; dunia ini sejatinya tak tersentuh. Dengan bantuan anak menantu dan cucu cicitlah generasi ini sedikit demi sedikit faham dan turut bergerilya.

Maka potongan ayat Al Qur’an nul Karim; Rahmatan lil ‘alamin yang sudah terkenal dengan bantuan Dunia Maya menjadi makin popular.

Nyatanya atau faktanya Petani dan Pertanian sudah satu generasi dijadikan pilihan nomor urut akhir. Tantangan sesungguhnya bahwa dunia pertanian yang sangat islami harusnya juga dapat dipermudah dengan kehadiran si Maya. Jadikanlah perayaan idul adha 1441 ini dengan kesadaran untuk meramaikan dunia Maya secara islami dengan informasi pertanian islami.

Ijinkan kami mengutip perjalanan dunia maya pribadi dalam Whattaps Group keluarga besar penulis.

TIPS MELEPASKAN DIRI DARI SIKSA QUBUR

(Oleh Ustadz Ahmad Dasuki)

?? Jangan sampai kita meninggalkan Al-Qur’an karena Al-Qur’an akan membantu kita untuk melepaskan kita dari Azab qubur & Siksaan qubur yang sangat perih.

?? Rumah yang sering dibacakan Al-Qur’an, pada waktu malam rumahnya akan selalu bercahaya, sehingga dikenali oleh para Malaikat.

?? Jika orang yg suka membaca Al-Quran itu meninggal dunia/ mati maka cahaya di rumahnya akan diangkat ke langit & para Malaikat-Malaikat akan tahu dan berkata ; “Oooooohhh….. yang mati itu Si Pembaca Al-Quran,  mari kita sholatkan Ruh nya”.

?? Di dalam qubur, Malaikat akan berlemah-lembut dengan si Mayat.

?? Al-Qur’an akan duduk di dada si Mayat selepas Mayat selesai dimandikan, dikafankan & terus menemani si Mayat di dalam qubur.

?? Azab qubur dimulai jika si Mayat tidak dapat menjawab pertanyaan2 dari para Malaikat.

?? Soal tanya jawab dari Malaikat akan berlangsung selama 3(tiga) hari, ada juga riwayat lain 7 hari.

?? 7 hari itu si Mayat sangat mengharapkan Doa dari anak-anak nya yang Sholeh & Sholehah supaya hari-hari nya di dalam qubur sangatlah Indah & Bahagia.

?? Mayat itu baru akan menyadari bahwa dia sudah meninggalkan dunia ; “Oooooohhhh…aku sudah meninggalkan dunia”, setelah Malaikat pergi.

1?? Mari lah wahai saudara2ku sebelum kita wafat, rajin2 lah membaca Al-Quran terutama membaca Surat Al-Mulk, agar kuburan kita terang.

?? Dalam qubur Al-Qur’an akan berkata kepada si Mayat ; “Aku ini Al-Qur’an yg dulu sering kamu baca dgn suara mu yang Merdu & sungguh Indah”.

? ? Aku akan menemani kamu sampai kamu masuk ke dalam Syurga.

? Lepas itu Al-Qur’an  akan melepaskan mayat kepada 2(dua) Malaikat.

? Dan jangan lupa juga untuk ber shalawat & cintailah Nabi kita Muhammad Shallallaah ‘Alaihi Wassallam dengan sepenuh jiwa.

Aamiin Allaahumma yaa Rabbal ‘aalamiin…!

Kami terima beberapa hari menjelang Idul Adha 1441 Hijriah.

Betapa dahsyatnya dunia MAYA.

 

  1. Dunia Akherat

Pesan pesan ukhrawi ini sangat mengena pada generasi tua, sejatinya juga bagi generasi lebih muda. Tulisan ini berupaya untuk menjembatani dua (2) hari raya Adha dan Fitri yang hanya akan sempurna jika ada Petani dan hasil pertanian. Menyambungkan dunia nyata dan dunia Maya, pada dunia pertanian yang makin Islami.

Tahun 90 an penulis berkesempatan mengunjungi sebuah pesantren di Kecamatan Lweliang Kabupaten Bogor.  Pesantren ini melengkapi kehidupannya dengan pengelolaannya dengan peternakan ayam potong dan kebun sayuran.

Penulis bahkan pernah melibatkan diri dalam lembaga pertanian Pondok Pesantren Darussalam martapura, mengelola puluhan hektar kebun karet.

SELAMAT MERAYAKAN IDUL ADHA 1441 hijriah. Berikanlah kami ya Rabb pemahaman dan kemampuan untuk bertani agar perayaan hari besar yang kau berikan kepada kaum muslim terus dapat berlangsung dengan pemenuhan segala rukun dan syaratnya yang ternyata seluruhnya produk pertanian. Aaamiin ya arhama rahimin, Irhamna!! Berikan kemampuan kepada kami untuk berhimpum dan memanfaatkan dunia Maya agar kami menjadi noktah dalam rangka menyujudkan Rahmatan lil “alamin.

Permudahlah ya pemilik Syurga yang dibawahnya mengalir sungai sungai.




Isi Tulisan Sepenuhnya Tanggung Jawab Pengirim