Lagi, Dispersip Kalsel Gelar Kompetisi Film Pendek

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar kompetisi film pendek dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Sebagai salah satu program promosi minat baca, lomba tersebut mengangkat tema “Literasi dan Perpustakaan”.

“Ini terbuka untuk umum, namun untuk warga Kalsel, dan gratis,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani Dardie melalui siaran persnya, Sabtu (9/3/24).

Adapun di antara syaratnya ialah peserta terdiri dari individu atau kelompok, mendaftar melalui formulir yang sudah disiapkan panitia, film pendek wajib mengambil salah satu latar lokasi syuting di perpustakaan provinsi/kabupaten/perguruan tinggi/perpustakaan khusus/perpustakaan desa yang ada di Kalsel, serta wajib mengumpulkan poster, still image, trailer (1 menit) dari filmnya untuk keperluan publikasi, dan wajib mengikuti akun Instagram @perpuspalnam dan @depoarsipprovkalsel.

Sementara ketetuannya di antaranya, jenis film berupa film pendek fiksi (cerita/naratif), bukan animasi atau dokumenter. Durasi minimal 3 menit dan maksimal 10 menit (sudah termasuk bumper logo, opening, dan _credit title). Kemudian peserta wajib menggunakan logo Pemprov Kalsel pada bumper film (s.id/LogoDispersip).

Selanjutnya, dialog dapat menggunakan bahasa daerah dengan ketentuan wajib menyertakan subtitle Bahasa Indonesia dengan format font Arial warna putih atau kuning dan memakai stroke hitam.

Pembuatan film dapat menggunakan ponsel, DSLR, atau mirrorless. Format film MP4, full HD 1080p, dan aspek rasio bebas (16:9/9:16).

Peserta hanya diperbolehkan mengirim satu karya. Karya yang dilombakan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikutsertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil, serta harus bebas dari setiap kontrak atau ikatan. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis, dan lain-lain) tidak melanggar hak cipta.

Film pendek tidak mengandung unsur SARA, kekerasan, pornografi, kata kasar, atau yang melanggar norma di tengah masyarakat umum. Juri dan panitia tidak bertanggung jawab dengan segala tuntutan hukum atas karya yang dikirimkan.

Panitia berhak mendiskualifikasi karya yang tidak sesuai dengan tema dan ketentuan yang berlaku.

Registrasi pendaftaran peserta di https://bit.ly/formulirKFP2024

Berikut jadwal kompetisinya:

Pendaftaran : 8 Maret-19 April 2024
Unggah Karya : 19 April-16 Mei 2024
Penjurian : 21-22 Mei 2024
Pengumuman : 25 Mei 2024

Narahubung: Husnul Khatimah (WhatsApp di 082252712027)