Operasi Antik Intan 2024 di Banjarmasin Amankan 6,7 Kg Sabu-Sabu dan Ribuan Butir Ekstasi

Suasana press rilis di Mapolresta Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Kapolresta Banjarmasin Kombes Sabana A. Martosumito, memimpin konferensi pers hasil Operasi Antik Intan Tahun 2024, di halaman Mapolresta, Senin (3/6). Operasi ini dimulai 17 Mei sampai dengan 30 Mei. Hasilnya, berhasil diamankan 28 tersangka, yang terdiri dari 24 pria dan 4 perempuan dari 19 kasus.

“Petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 6.711,24 gram sabu-sabu, 2.011 butir ekstasi, dan 10,81 gram serbuk ekstasi,” ungkap Kapolresta.

Adapun yang menjadi sorotan pihaknya adalah saat mengamankan 5 tersangka beserta barang bukti 5,2 kg ekstasi dengan logo Spongebob sebanyak 97 butir, dan ekstasi dengan logo Piramid sebanyak 159 butir. Selain itu, juga diamankan seorang tersangka dengan barbuk 1,4 kg dan 866 butir ekstasi dengan logo Philips.

“Rata-rata dari tersangka yang diamankan berperan sebagai kurir, dan juga ada yang sebagai pengedar kecil. Dari 28 tersangka tersebut, ada 2 orang yang residivis dengan kasus yang sama,” lanjut Kapolresta.

Jaringan barang bukti tersebut, saat ini masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut.

“Karena kemasannya ini masih terbilang baru, berbeda dari kemasan teh yang sebelumnya dari jaringan Malaysia dan China,” ucap Kapolresta.

Dari pengungkapan tersebut, pihaknya berhasil menyelamatkan 103 ribu jiwa manusia terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkotika.

“Jika diuangkan kurang lebih senilai Rp11 miliar, dengan estimasi 1 gram sabu-sabu dapat digunakan 15 orang, dan sebutir ekstasi dapat digunakan 1 orang,” pungkas Kombes Sabana. (Adt)