Pemkab HST Rancang Perda untuk Perdagangan Karbon

Kawasan Hutan Meratus di wilayah Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Menindaklanjuti rencana perdagangan karbon, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akan lakukan pendataan lahan warga yang turut berpartisipasi. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah HST, H Muhammad Yani, Sabtu (20/5/2024) di Barabai.

Dijelaskan Sekda HST, Agar perdagangan karbon memiliki payung hukum, Pemkab HST juga merancang peraturan daerah (Perda) tentang perusahaan daerah yang menangani kredit karbon.

“Sesuai arahan OJK, harus ada perusahaan daerah yang mengatur. Pihak Bloktogo sebagai trader, sedangkan kita adalah operator di daerah,” jelasnya.

Muhammad Yani mengungkapkan, selain mendata lahan warga, Pemkab HST juga sudah menyerahkan data satelit luasan lahan lindung di kawasan meratus yang akan dijadikan objek penghitungan nilai karbon.

Ia menyebut pihak Bloktogo selaku platform penyedia kredit karbon akan melakukan verifikasi lapangan pada bulan juni 2024 mendatang.

“Verifikasi ini bertujuan untuk mengetahui detail jumlah karbon yang bisa diserap di kawasan hutan lindung,” kata Yani

Secara terpisah, salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Batang Alai Timur, Kosim mengaku, siap ikut terlibat dalam perdagangan karbon ini. Dirinya pun telah menyiapkan lahan puluhan hektare miliknya agar dapat turut diinventarisir dalam perhitungan ke depan.

“Selama perdagangan karbon ini tidak merusak hutan dan bisa memberikan keuntungan, saya siap bergabung,” ujarnya.

Kosim mengaku, sudah sejak lama menantikan perdagangan karbon ini bisa direalisasi di HST. Mengingat, selama ini masyarakat cuma disuruh melestarikan hutan saja, sementara hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat belum bisa dirasakan.

Untuk sekadar diketahui, Pemkab HST sudah menandatangani kerja sama dengan platform digital penyedia kredit karbon yakni Blocktogo pada Senin (14/5) lalu yang disaksikan dan dihadiri oleh perwakilan tokoh masyarakat, Camat, dan Kepala SKPD lingkungan Pemkab HST. (Rz)