Penyesuaian Biaya Meter PDAM Bandarmasih Ditunda hingga Desember

Pdam Bandarmasih
Direktur PDAM Bandarmasih (Kiri) bersama Plh Sekdako Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Berdasarkan hasil pertemuan lintas komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin bersama Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih dan Pemerintah Kota Banjarmasin, disepakati penundaan penyesuaian biaya meter air.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Bandarmasih Yudha Achmadi mengatakan, akan menerbitkan Surat Keputusan untuk menunda kebijakan tersebut sampai Desember.

Advertisement

“Kita akan buatkan hal itu, sesuai kesepakatan bersama,” ungkapnya, saat dikonfirmasi di lobi balai kota, Selasa (06/07/2021) siang.

Seiring tertundanya kebijakan tersebut, Dirut PDAM berharap, pihak DPRD bisa memperlancar realisasi penyertaan modal, dalam rangka membantu pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur air bersih yang masih terkendala, lantaran status PDAM yang belum berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda).

“Kita berharap dengan adanya kesepakatan ini, ada perhatian dari DPRD untuk bisa membantu, agar secepatnya mendapatkan penyertaan modal,” terangnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin Mukhyar menyampaikan, bahwa penyertaan modal ini merupakan salah satu pertimbangan pihaknya untuk menunda penyesuaian biaya meter air sampai enam bulan berikutnya.

“Semoga dalam waktu 6 bulan ini pembahasan Raperda PDAM Bandarmasih yang terhenti di dewan bisa diselesaikan, dan penyertaan modal bisa dilakukan. Dan jika itu cukup, tidak menutup kemungkinan kebijakan itu kita cabut permanen. Kalau tidak bisa, kami minta dewan juga membantu kami mencari jalan keluar,” paparnya

Disinggung kondisi keuangan PDAM sekarang, Yudha mengakui, bahwa mulai ada tanda-tanda merosot. Bahkan setoran pendapatan asli daerah 2020 ke Pemko juga tidak bisa terpenuhi.

“Paling buruk itu, ada setoran PDAM Bandarmasih ke Pemko yang tertunda,” sahut Mukhyar.

Sebelumnya, PDAM telah menerbitkan kebijakan penyesuaian biaya meter air yang tertuang dalam SK PDAM.59/KPTS/Vll/2021 tentang Penetapan Beban Tetap dan Penyesuaian Pemeliharaan Meter Air pada Tagihan Rekening Air Minum Pelanggan PDAM Bandarmasih.

Adapun besaran kenaikan biaya meter berdasarkan golongan dan nilainya bervariasi, mulai dari di bawah 50% hingga 100%. Seperti golongan Niaga Besar-2 yang semula Rp45 ribu menjadi Rp90 ribu. Sedangkan untuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah, sama sekali tidak ada kenaikan.

Adapun alasannya, seiring mahalnya biaya operasional dan tidak ada penyesuaian dalam 5 tahun terakhir, sehingga kebijakan tersebut sempat akan diterapkan, lantaran arus keuangan perusahaan yang terganggu, usai dicabutnya tarif 10 kubik.

Advertisement