SMAN 1 Alalak Wakili PT Trio Motor Melaju ke Penjurian Nasional AHM Best Student 2023

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA – Lomba Karya Tulis Ilmiah yang rutin digelar setiap tahunnya oleh PT Astra Honda Motor bertajuk “Astra Honda Motor Best Student” atau yang lebih dikenal dengan AHM Best Student, kini sampai pada tahap penjurian nasional. Tahun ini, PT Trio Motor mengirimkan dua tim untuk kategori invensi dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Alalak pada 29 September secara daring. Para murid juga didampingi Guru Pembimbing Karya Tulis Ilmiah, yakni Sri Rahayu.

Untuk tahun ini, AHM Best Student hadir dengan tema “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat”. Adapun lomba karya tulis ilmiah ini hadir dengan dua kategori, yakni Ide dan Invensi dengan mengangkat tema Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. PT Trio Motor sebelumnya mengumumkan pendaftaran dibuka untuk tanggal 8 Mei hingga batas terakhir pendaftaran dan pengumpulan karya pada 20 Juli 2023.

Pendaftaran kemudian ditutup dan dilanjutkan dengan seleksi makalah, seleksi presentasi dan penjurian di tanggal 5 Agustus lalu. Hasilnya diperoleh juara-juara untuk setiap kategori.

Adapun tim yang mewakili PT Trio Motor untuk Tahap Penjurian Nasional AHM Best Student 2023 dari tingkat Regional Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah adalah Wulan Fatmawati dan Risda dengan judul “Penggunaan Pewarna Alami dalam Pewarnaan Kain Sasirangan Khas Kalsel”. Kemudian yang kedua adalah Nour Auliyana dengan judul “Perpaduan Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Pemanenan Air Hujan”.

“Suatu hal yang sangat membanggakan murid kami dari SMAN 1 Alalak dapat berkontribusi dalam lomba karya tulis ilmiah AHM Best Student tingkat Nasional tahun 2023 ini. Semoga ini merupakan suatu jalan bagi kami untuk dapat terus mengharumkan nama Kalimantan di mata Nasional,” tutur Sri, melalui siaran pers Trio Motor yang diterima Rabu (18/10).

Lidya Maya Sari, Corporate Communication PT Trio Motor mengaku sangat senang dapat mendampingi para pelajar berprestasi ini ke tingkat nasional.

“Dengan semangat ‘Sinergi bagi Negeri’, PT Trio Motor selalu berupaya untuk memberikan wadah dan memfasilitasi potensi-potensi yang dimiliki anak-anak di Banua Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah,” ucapnya.