Tinjau Lapak Pedagang Taman Education Park Sepi, Sekda Tanbu Bakal Benahi

Sekda Tanah Bumbu, Dr H Ambo Sakka ketika bercengkerama dengan para pedagang di Taman Education Park.(Foto: Agus)

JURNALKALIMANTAN.COM, TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu terus berupaya mengevaluasi dan memperbaiki sejumlah fasilitas yang ada di Taman Education Park, Kecamatan Simpang Empat Tanbu.

Keseriusan menata salah satu wisata di Kalsel ini, ditunjukkan langsung Sekretaris Daerah Tanbu, Dr H Ambo Sakka dengan meninjau langsung sejumlah kios pada Ahad (23/6/2024).

“Itukan sekarang ini coba kita benahi, kebetulan ada banyak UMKM itu yang sangat membutuhkan tempat untuk memasarkan itu, dan itu kalau terpusat di situ akan lebih bagus,” ungkap Sekda ramah senyum ini.

Ia juga memaparkan, apabila di Taman Education Park ini kerap diadakan acara dan lebih banyak, dan dampaknya akan lebih besar lagi bagi perekonomian pedagang yang ada.

Disinggung mengenai, adanya stigma oleh masyarakat terkait Taman Education Park sebagai sarang preman, ia berpendapat untuk mengubah stigma demikian memang perlu adanya korelasi.

“Saya kira ada korelasi dengan pemanfaatan tempat, karena memang tempat itu banyak yang kosong daripada dihuni. Jika manajemennya itu baik, saya kira mereka juga bisa diberi pemahaman,” jelasnya.

Ia menjelaskan, memang ada beberapa faktor membuat pedagang enggan mengisi kios-kios yang kosong.

“Yang pertama itu tadi saya wawancarai beberapa orang itu, memang peminat itu kurang, karena yang dijual itu hampir serupa, kopi dan ini seterusnya,” paparnya.

Ia menilai, apabila produk UMKM ada dikawasan tersebut maka produk lokal kemungkinan lebih banyak pengunjung.

“Kemudian seperti event-event itu harus di perbanyak, sehingga banyak pengunjung kalau perlu setiap malam minggu ada Dangdutan,” imbuhnya.(As)