Harapkan Keselamatan, Masyarakat Dayak Meratus Kotabaru Gelar Aruh Adat

JURNALKALIMANTAN.COM, KOTABARU – Sebagai bentuk rasa syukur dan meminta keselamatan kepada yang Mahakuasa, Masyarakat Dayak Meratus Desa Cantung Kiri Hilir Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru, mengadakan Aruh Adat (Aruh Ganal), yang dilaksanakan 4 hari 4 malam di balai adat.

Sekretaris Adat Misran menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dua kali dalam setahun, yang pertama memuja musim setelah panen dan panen dianggap berhasil. Yang kedua, adalah memuja tahun, untuk meminta keselamatan dan rezeki kepada yang Mahakuasa.

“Dengan kegiatan ini masyarakat berharap keselamatan dan dimudahkan rezeki,” ujarnya kepada jurnalkalimantan.com pada akhir kegiatan, Senin malam (20/09/2021).

Adapun kelengkapan yang harus disiapkan urai Misran, di antaranya ayam hitam, kambing hitam, telur, lamang, padi. Sedangkan untuk kepala kambing serta ayam, akan dilarungkan ke sungai, dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat.

“Pelaksanaan kegiatan ini tergantung situasi. Bila kita selamat semua dan berezeki, kita laksanakan berdasarkan perjanjian terlebih dahulu. Bisa satu hari satu malam, bahkan bisa 4 hari 4 malam seperti kali ini,” jelas Misran.

Sebagai perwakilan masyarakat, Misran berharap, melalui kegiatan kali ini, khususnya Masyarakat Dayak Meratus dan Kalimantan Selatan secara umumnya, bisa diberi keselamatan dan dimudahkan rezekinya oleh yang Mahakuasa.