Ini yang Dilakukan Habib Ahmad Bahasyim dalam Menekan Kekerasan terhadap Perempuan

Foto bersama Anggota komisi IV DPRD Kalsel habib Ahmad Bahasyim usai sosialisasi pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan di kota Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Anggota DPRD Provinsi Kalsel Habib Ahmad Bahasyim menyosialisasikan pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Sabtu (2/12/2023).

“Sosialisasi ini adalah sebagai salah satu cara dalam mencegah kekerasan terhadap perempuan di Kota Seribu Sungai ini,” ucapnya.

Sosialisasi ini diharapkan oleh Habib dapat berpengaruh terhadap penurunan tindak kekerasan yang terjadi di Kota Banjarmasin.

“Jangan sampai kekerasan itu terjadi di rumah tangga kita, keluarga, sahabat, dan tetangga kita,” ucap politikus Partai Demokrat tersebut.

Berdasarkan data laporan masyarakat pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), kasus kekerasan perempuan dan anak di Kota Banjarmasin hingga Oktober 2023 sudah cukup banyak, yang mencapai 101 kasus.

Faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan itu menurutnya ada beberapa macam, yakni internal seperti karakter atau perilaku seseorang, motif perilaku tersebut, kondisi mental, dan lainnya.

“Untuk faktor eksternal seperti status ekonomi di bawah rata-rata, pendidikan rendah, relasi kuasa, stigma di masyarakat yang menganggap kekerasan adalah hal yang wajar, faktor sosial, dan lingkungan keluarga juga berpengaruh,” jelas Habib.

Menekan hal itu, pihaknya terus berupaya menumbuhkan kesadaran serta meningkatkan pemahaman masyarakat, yang bertujuan mengubah pola pikir dan perilaku, agar menghindari perbuatan kekerasan serta bertindak cepat dalam penanganan jika mendapati kekerasan.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi serta edukasi di berbagai lapisan masyarakat seperti di kelurahan, sekolah, lembaga masyarakat. Kita juga bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Keluarga Berencana Provinsi Kalsel, perangkat daerah lainnya, maupun lembaga masyarakat, dalam rangka menguatkan jejaring dan pengembangan lembaga terkait untuk mengoptimalkan upaya tersebut,” tutup wakil rakyat Dapil Kota Banjarmasin ini.

(YUNN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *