Jalan-Jalan dengan Hyundai Creta sambil Menunggu Berbuka, Berasa Nyaman dan Mewah

Hyundai Creta
Unit Hyundai Creta saat mampir di kawasan Bandarmasih Tempo Doloe (Kota Lama)

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Ramadan 1444 Hijriah, Hyundai Banjarmasin memberi kesempatan para jurnalis untuk test drive sembari menunggu beduk buka puasa, Selasa (11/04/2023).

Salah satu mobil andalan di kelas Multipurpose Vehicle (MPV) dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang dicoba ialah Hyundai Creta.

Berkeliling Kota Seribu Sungai, para jurnalis berkesempatan merasakan kemewahan fitur-fitur mobil pabrikan Korea Selatan ini.

Dikemudikan langsung Trainner Hyundai Banjarmasin Muntazero, para jurnalis memulai perjalanan dari dealer Hyundai di Jalan A. Yani Kilometer 6 Kecamatan Banjarmasin Timur, ke kawasan Bandarmasih Tempo Doloe (Kota Lama).

“Pada konsumsi BBM per liternya, Hyundai Creta ini bisa sampai 23 kilometer dengan bawaan yang stabil,” ungkapnya.

Selain itu, jurnalis diajak merasakan akselerasi yang dirasa sangat ringan dan nyaman.

“Selain mode Eco dan Normal, juga bisa diubah ke posisi Sport, makanya tadi bunyinya juga berubah garang,” tambah Muntazero.

Terdapat pula fitur Cruise Control, yang membuat mobil berjalan konstan.

Dengan teknologi tersebut, kata Muntazero, pengemudi tak perlu terus menerus menginjak pedal gas saat jalan lurus dan lancar.

Tak hanya itu, dalam mobil yang bisa memuat 5 penumpang ini terdapat fitur Ambient Mood Lamp dan Panoramic Sunroof, yang menambah kesan dan suasana mewah saat berada di dalamnya

“Dan juga Wireless Smartphone Charging Port, Cooled Glove Box, Ventilated Seat, dan Air Purifier yang tentu semakin melengkapi keunggulan Creta,” kata Muntazero.

Dari sisi keamanan, mobil Creta dilengkapi berbagai fitur dan fasilitas penunjang keselamatan pengendara seperti Rear Occupant Alert (ROA), Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), dan Vehicle Stability Management (VSM)

“Semua itu tentu bisa didapat di SUV Creta,” tegasnya.

Lewat fitur yang cukup lengkap dan futuristik, Hyundai Creta dibanderol dengan harga yang terjangkau.

“Untuk harga sendiri, kita ada di kisaran Rp291 jutaan di tipe paling rendah dan di harga Rp400 jutaan di tipe paling tinggi,” tuturnya.

Selain itu, Creta turut dilengkapi teknologi keselamatan dan pengendalian canggih ala Hyundai, yaitu Hyundai SmartSense.

Teknologi canggih yang lain adalah penyematan konektivitas Bluelink.

Dengan platform ini bisa memberikan pelanggan untuk mengontrol mobil mereka dengan ponsel pintar.

Mesin Creta diklaim mampu menghasilkan tenaga 113 dk pada 6.100 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

“Saya pribadi dengan sunroof luas hingga ke belakang, dan pendingin kursi dan jok kulitnya yang sangat nyaman, mobil ini luar biasa, yang biasa didapat pada mobil mewah,” tutupnya.

(Ihsan/Achmad MT)