Jelang Pemilu 2024, Kanwil Kemenkumham Kalsel Berikan Diseminasi Eksistensi Partai Politik

Kepala Kemenkumham Kalsel (deapan) memberikan sambutan

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Kantor Wilyah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Diseminasi Layanan Partai Politik bersama 60 peserta, terdiri dari perwakilan Bawaslu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), para pengurus parpol, serta instansi terkait.

Mengangkat tema “Eksistensi Partai Politik Menjelang Pemilu 2024”, kegiatan ini dibuka Kakanwil Faisol Ali.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi pihak eksternal dan internal terutama Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, yang berpartisipasi meningkatkan kinerja dan pelayanan administrasi hukum umum (AKU).

“Peran Kanwil Kemenkumham salah satunya adalah memberikan Surat Keterangan Terdaftar kepada partai politik baru yang berdiri sejak tahun 2019, serta mewujudkan partai politik sehat dan demokratis,” ujar Faisol Ali.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk saling tukar pikiran, sehingga dapat menjadi pedoman dalam mencari solusi serta terobosan inovatif dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2024,” lanjutnya.

Kegiatan ini diisi materi secara virtual oleh Rahmiyana, Subkoordinator Pendaftaran Badan Hukum Partai Politik Direktorat Tata Negara Ditjen AKU.

Selain itu, materi Pelaporan Parpol Peserta Pemilu 2024 pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kalsel Herriansyah, serta materi dari Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Selatan Hatmiati tentang Kebijakan Strategis Manajemen Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Kegiatan ini diharapkan pihak Kemenkumham dapat memberikan manfaat dan meningkatkan pemahaman serta kinerja para peserta dalam mendukung suksesnya pemilu.

Acara ini juga dalam rangka pelaksanaan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor : M.HH-03.PR.01.03 tahun 2022 tentang Target Kementerian Hukum dan HAM tanggal 28 Desember 2022.

(Ihsan/Achmad MT)