Kejari Batola Fasilitasi Kerja Sama PT ABS & BUMDes Adil Sejahtera 

BUMDes Adil Sejahtera

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA – Perjanjian Kerja Sama Operasional PT Agri Bumi Sentosa (ABS) dengan Desa Kolam Kanan melalui BUMDes Adil Sejahtera, difasilitasi oleh Kejari Barito Kuala (Batola).

Penandatanganan berlangsung di Aula Kantor Kejari, Kamis (13/01/2022).

Kajari Eben Neser Silalahi dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan plasma sesuai dengan perjanjian kerja sama antara PT ABS dengan KUD Jaya Utama, akan berjangka satu siklus tanaman (25 tahun).

“Jadi, walaupun sudah lunas kredit, tetap harus dikelola perusahaan kedua belah pihak. Perjanjian kerja sama dalam pengelolaannya akan mengikat Perjanjian Kerja Sama Operasional, sehingga ada nilai manfaat dari adanya kebun plasma,” paparnya.

Kelanjutan penandatanganan ini akan diatur antara pihak yang terlibat.

“Setelah ini tidak boleh ada pemanenan oleh petani atau kelompok tani sendiri-sendiri. Tetap harus berkolaborasi antara PT ABS dan KUD Jaya Utama dan BUMDes,” tambah Kajari Batola.

Ditegaskannya, jika setelah perjanjian ini masih ada pihak-pihak tak bertanggung jawab yang memanen sendiri, bisa diproses hukum karena termasuk perbuatan melanggar hukum.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Batola H. Suwartono. Dalam sambutannya ia menekankan perjanjian ini sifatnya mengikat.

Sementara itu, Manajer KUD Jaya Utama Nardi, S.T., menyambut positif kerja sama yang diprakarsai Kajari ini, sebagai langkah solusi untuk kemanfaatan bersama semua pihak, tanpa merugikan petani pemilik.

“PT ABS sebagai pengelola bertanggung jawab penuh. KUD sebagai wakil petani pemilik, mengawal, mengawasi, dan mengontrol jalannya pengelolaan, pelaksana pekerjaan, dan penyedia tenaga panen milik BUMDes,” ucapnya saat dihubungi via WhatsApp.

Ia juga berharap, selanjutnya ada perbaikan pengelolaan kebun plasma petani anggota KUD, dan dihasilkan sisa hasil usaha yang standar serta normal.

Alibana / Ahmad MT