Siap Berdebar-debar, Pesawat Jet akan Mondar-mandir di Kalsel

Pesawat Jet Tempur
Ilustrasi pesawat tempur. (REUTERS/Vijay Mathur)

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), mendukung upaya Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Syamsuddin Noor berpredikat Tipe A.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Ketua DPRD Kalsel, Supian H.K., di sela pertemuan dengan Komandan Lanud Syamsuddin Noor, di ruang kerjanya, Senin (04/01/2021)

Advertisement

“Sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara Republik Indonesia, Kalimantan Selatan perlu melakukan pembenahan, salah satunya Pangkalan Udara Syamsuddin Noor naik ke Tipe A,” ujarnya.

Untuk itu tegasnya, memerlukan dukungan dari semua pihak, terkait perluasan bandara.

“Pembenahan akan dilakukan, seperti pagar sekitar bandara, pintu gerbang, dan hal lainnya,” ucapnya.

Supian menambahkan, anggaran untuk pembangunan tersebut sudah dilakukan, dan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat guna merealisasikannya.

“Kita dukung penyiapan tempat, dan siap memfasilitasi hal-hal yang diperlukan,” katanya.

Danlanud Syamsuddin noor banjarmasin
Suasana pertemuan komandan lanud Syamsuddin Noor dengan ketua DPRD Kalsel

Baca Juga :

Sementara itu, Komandan Lanud Syamsuddin Noor, Kolonel Pnb. M. Taufiq Arasj, S.Sos. mengatakan, dengan kepindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia, Kalsel sebagai pintu gerbang tentu memerlukan pangkalan udara yang kuat.

“Tentunya sektor pembangunan harus berjalan searah, salah satunya pertahanan dan keamanan, terlebih khusus Angkatan Udara,” jelasnya.

Ia menjelaskan, apabila Lanud Syamsuddin Noor memperoleh predikat Tipe A, otomatis akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Banua.

Pihaknya juga mengapresiasi atas dukungan DPRD dan Pemerintah Provinsi Kalsel, yang telah mendukung renovasi markas komando tersebut

Dengan dukungan ini, Lanud Syamsuddin Noor akan berbenah menuju Tipe A, dengan segala fasilitas yang akan dipersiapkan tahun mendatang.

“Kalau sekarang hanya mendengar bunyi pesawat komersial, siap-siap jantung kita berdebar-debar mendengar suara pesawat jet,” terangnya.

Apabila Lanud Syamsuddin Noor menjadi Tipe A, akan dipimpin seorang marsekal bintang 1, penambahan personel dan alat utama sistem persenjataan.

Editor : Ahmad MT

Advertisement