Tinggal Tersisa 4 Zona Merah, Masyarakat Banjarmasin Tetap Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Banjarmasin zona merah
Machli Riyadi, Kadinkes Kota Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Gencarnya sosialisasi penerapan protokol kesehatan, hingga penerapan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 68 Tahun 2020, dengan mendisiplinkan masyarakat, kini telah berdampak terhadap penurunan jumlah zona merah di Kota Banjarmasin.

Berdasarkan data terakhir hasil evaluasi Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, kini hanya tersisa 4 dari 52 kelurahan yang masih zona merah Covid-19.

“Zona merahnya yang tersisa tinggal empat, yakni Kelurahan Kuin Cerucuk, Belitung Utara, Kuin Selatan dan Seberang Mesjid,” papar Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi, usai rapat koordinasi penerapan protokol kesehatan di pelaksanaan Pilkada 2020, Jumat (18/9/2020).

Walupun menunjukkan penurunan risiko terhadap sebaran Covid-19, masyarakat diimbau tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Jangan euforia dengan zonasi hijau ini, harus bersama-sama kita pertahankan, dengan saling peduli untuk saling mengingatkan agar mematuhi protokol kesehatan”, tambah Machli.

Ia menegaskan, perubahan zonasi sangat ditentukan dengan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan 4 prinsip dasar protokol kesehatan, dimulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Editor : Ahmad MT