24 Parpol Tunggu Verifikasi Administrasi dari KPU

KPU Kalsel gelar sosialisasi tahapan pemilu dan verifikasi persyaratan Parpol, di Kota Banjarmasin, Jumat (30/9/2022).

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 24 partai politik saat ini sedang mengikuti proses tahapan verifikasi administrasi untuk ditetapkan menjadi peserta Pemilu pada Desember mendatang.

Hal itu seperti yang disampaikan Anggota KPU RI August Mellaz usai mengikuti sosialisasi tahapan pemilu dan verifikasi persyaratan Parpol, di Kota Banjarmasin, Jumat (30/9/2022).

Ditambahkannya, Pihak KPU juga masih memeriksa sejumlah dokumen persyaratan pendaftaran dan melakukan perbaikan. Setelah itu baru dilaksanakan verifikasi faktual.

“Finalnya pada tanggal 14 Desember 2022 mendatang. Jadi diketahui, Parpol mana saja yang jadi peserta Pemilu tahun 2024,”ujarnya.

Sekarang ini ada 4 isu krusial  yang bakal dibahas pada rancangan peraturan KPU, yang mana akan mengatur ruang gerak partai politik pasca penetapan peserta partai politik lolos verifikasi.

“4 isu krusial Itu adalah tentang pemuktahiran data, daftar pemilih, partisipasi masyarakat dan daerah pemilihan,”terangnya.

Sementara itu, Anggota KPU Kalsel, Edy Ariansyah mengatakan bakal mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Selain meningkatkan partisipasi pemilih , kita juga maksimalkan pendidikan pemilih dengan berbagai kelas Pemilu,” pungkasnya.

(Yunn)