Dispersip Kalsel Promosikan Minat Baca ke 5 Kabupaten 

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Dipimpin langsung Kasi Pelayanan dan Kerja Sama Perpustakaan Hj. Ermawati, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan sosialisasi minat baca ke 5 kabupaten. 

Diawali di Hulu Sungai Selatan (HSS), Tim Dispersip Kalsel mampir ke Aula kantor bupati, dihadiri Kepala Dispersip HSS Hubriansyah, dan peserta dari berbagai instansi terkait dan penggiat literasi. 

Selanjutnya, tim sosialiasi berangkat lagi menuju Balangan, yang diterima kepala Dispersip Tamrin, hingga melakukan promosi kegemaran membaca pada ratusan anak, yang berlangsung di Sekolah Dasar Alam Al-Tamar, Selasa (02/11/2021). 

“Kami sangat bersyukur kegiatan ini didukung Dispersip Kalsel. Aksi ni bentuk sinergi kita untuk meningkatkan minat baca dari tingkat bawah, karena hadir pula di sini anak-anak beserta orang tuanya, dari PKK hingga lurah, yang diajak untuk mengenal dan mencintai buku,” ungkap Tamrin usai kegiatan. 

Di hari berikutnya, kemeriahan pembumian minat baca juga terjadi di Hulu Sungai Tengah, yang berlangsung di Aula Kantor Camat Pandawan, dihadiri pejabat terkait dan ratusan generasi penerus usia sekolah. 

Sementara di Hulu Sungai Utara tidak kalah ramai, yang disambut antusias Dispersip setempat, hingga menghadirkan ratusan bocah yang diajak bergembira dan membaca buku. 

“Kami sangat berterima kasih, tentunya ini diharapkan dapat berkelanjutan,” ungkap Bunda Baca Kabupatan HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid, Kamis (04/11/2021). 

Kasi Pelayanan Dispersip Kalsel menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk terus menggaungkan literasi, guna meningkatkan kegemaran membaca, yang bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel. 

“Alhamdulillah selama 5 hari kita lakukan berjalan sukses. Semoga kerja sama ini dapat mendongkrak minat baca masyarakat,” bebernya melalui siaran persnya, Jumat (05/11/2021). 

Di akhir safarinya, tim sosialisasi menyinggahi Tapin, yang menyambangi Kantor Dispersip setempat, untuk melakukan sinergi dalam upaya peningkatan indeks literasi di Banua.