Hindari Plagiasi, Yayasan Titik Fokus Karya Gelar Pelatihan

Tangkapan layar Pemaparan Narasumber, Muhammad Noval, M.Si

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Guna memberikan pengetahuan menulis karya ilmiah, yang biasa menjadi kebutuhan civitas academica, Yayasan Titik Fokus Karya menginisiasi kegiatan bertema “Pelatihan Singkat: Manajemen Referensi (Mandeley & Zotero)”. 

Diketahui, menulis karya ilmiah yang baik dan terhindar dari deteksi plagiasi, tidak selalu mudah dan penuh tantangan. Selain perlu sumber rujukan yang jelas dan valid, juga perlu pencantuman secara tepat dari berbagai referensi esensial.

“Tujuannya, tentu kegiatan ini dapat memudahkan rekan-rekan dalam menulis karya ilmiah seperti makalah, skripsi, jurnal, dan sebagainya,” ungkap Ketua Titik Fokus Karya Muhammad Ridha, saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan kegiatan yang dilaksanakan secara daring, Senin (07/02/2022). 

Diikuti ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi, semuanya mendengarkan paparan menarik dari narasumber berkompeten, yakni M. Irfan Islamy, M.Pd., Willy Ramadan, M.S.I., Muhammad Noval, M.Si., Mursalin, M.Pd., dan Muhammad Ridha, M.Pd. 

“Penggunaan manajer referensi seperti Zotero dan Mendeley ini merupakan keharusan di era digital sekarang. Di samping memudahkan, juga meminimalisasi dari deteksi plagiasi,” jelas Irfan Islamy dalam materinya.

Para peserta terlihat antusias mengikuti acara ini, mulai dari tahapan instalasi, penambahan sumber rujukan, pengelolaan sumber rujukan, pengenalan jenis sitasi, cara mensitasi, hingga membuat daftar pustaka. 

Sebagai informasi, Titik Fokus Karya merupakan organisasi nirlaba berbentuk yayasan yang didirikan pada tahun 2021 dengan mengantongi SK Kemenkumham RI Nomor AHU-0022876.AH.01.04. Tahun 2021, dan fokus pada kegiatan penelitian, pengembangan, pendidikan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Editor : Achmad MT