Pemkab HST Bakal Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan, Total Hadiah Rp10 Juta

Perwakilan SMP se-HST ikuti Technical Meeting Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan 2023

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pendidikan (Disdik), bakal menggelar lomba cerdas cermat kebudayaan tingkat pelajar sekolah menengah pertama.

Perlombaan yang siap diikuti puluhan pelajar dari 21 SMP se-HST itu akan digelar di Aula Kantor Disdik, Selasa (25/07/2023).

Total hadiah dalam lomba ini senilai Rp10 juta dengan rincian Rp5 juta untuk juara pertama, Rp3 juta untuk juara kedua, dan Rp2 juta untuk juara ketiga.

Membahas mekanisme peraturan dan lomba, sebanyak 21 perwakilan sekolah menghadiri rapat teknis di Aula Kantor Disdik, Kamis (20/07/2023) siang.

Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Anhar mengungkapkan, lomba yang akan pihaknya gelar ini merupakan kali pertama dilaksanakan di HST.

“Lomba tersebut juga sesuai dengan visi misi Bupati HST Aulia Oktafiandi dan Wabup HST Mansyah Sabri dalam pengembangan kebudayaan,” ungkapnya.

Anhar menjelaskan, selain memajukan literasi kebudayaan, lomba itu juga bertujuan sebagai wadah seleksi pelajar perwakilan HST dalam mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke depannya.

“Pada perlombaan di tahun-tahun sebelumnya kami mengirim perwakilan dengan penunjukan sekolah. Tahun 2023 ini kami mencoba menggelar lomba di tingkat kabupaten agar lebih mengetahui siswa-siswi berpotensi yang memiliki wawasan sejarah, kebudayaan, dan pelestarian,” urainya.

Sementara itu, Plt. Kasi Kesenian dan Kebudayaan Disdik HST Masruswian menerangkan, dalam teknisnya, setiap perwakilan sekolah mengirimkan tiga orang sebagai kelompok, ditambah satu orang sebagai cadangan.

“Setelah technical meeting┬ákemarin, secara umum semua pihak sudah memahami teknis lomba, peraturan, dan ketentuan yang berlaku,” bebernya

Kendati demikian, Masruswian berharap, seluruh perwakilan dapat menjelaskan dengan lengkap terkait hasil dari rapat teknis kepada siswa-siswi yang mewakili sekolah masing-masing.