Wakil Wali Kota Banjarbaru Buka Lomba Memancing Ikan Gabus

Lomba Memancing Ikan Gabus

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 250 peserta meramaikan lomba memancing gelaran DPC PDIP Banjarbaru di Danau Seran, Kecamatan Cempaka, Ahad (27/6/2021) pagi.

Lomba memancing ini menjadi penutup rangkaian acara yang diadakan partai besutan Megawati itu dalam memperingati bulan Bung Karno.

Sebelum lomba dimulai, ratusan peserta lebih dulu disebar di tiga titik yang berbeda, sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan guna antisipasi penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini dibuka Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, yang didampingi Ketua DPC PDIP Banjarbaru. Turut juga hadir Camat Cempaka, Lurah Palam, serta para pengurus maupun anggota DPC PDIP Banjarbaru.

Wakil Wali Kota Banjarbaru dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sebenarnya jumlah peserta lomba yang mendaftar sangatlah banyak. Namun pihak panitia harus melakukan pembatasan, mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung.

“Untuk itu, jumlah peserta dibatasi hanya 250 orang. Termasuk juga dalam pelaksanaan lomba, para peserta kita sebar di tiga titik lokasi mancing bersebelahan,” katanya.

Adapun diselenggarakannya lomba mancing ini, sekaligus kampanye ihwal keseimbangan ekosistem alam, dalam hal ini, dengan tidak melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

“Kita tidak ingin ada lagi penangkapan ikan dengan cara menyetrum, maupun meracuni ikan, karena banyak dampak buruk yang disebabkan dengan cara-cara seperti itu. Oleh karena itu juga, pada kegiatan ini kami turut melepasliarkan 2.000 anakan ikan papuyu, agar dapat berkembang biak dengan baik di sekitar danau eks galian tambang ini,” ungkapnya.

Sebanyak 250 peserta meramaikan lomba memancing gelaran DPC PDIP Banjarbaru di Danau Seran
Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono melepas anakan ikan papuyu

Sekretaris DPC PDIP Banjarbaru Windi Novianto menuturkan, ada beberapa kategori juara yang diperebutkan dalam lomba mancing hari ini. Mulai dari kelas mendapatkan ikan gabus atau toman paling berat, jumlah banyak ikan, serta ikan selain gabus ataupun toman.

Dijelaskan Windi, bahwa lomba mancing hari ini telah menutup rangkaian acara peringatan bulan Bung Karno tahun 2021. Sejak memasuki Juni tadi, partai berlambang kepala banteng ini telah melaksanakan berbagai kegiatan, baik itu sosial hingga kebudayaan.

“Sebelumnya kita mengadakan berbagai acara, mulai pelaksanaan donor darah, malam kebudayaan, lomba baca puisi, dan talkshow ide maupun gagasan Bung Karno,” jelasnya.

Windi juga menjelaskan, untuk biaya pendaftaran lomba memancing ini sebesar Rp60 ribu.

“60 ribu itu sudah mendapatkan umpan katak tirusna (softrog) konsumsi. Batas waktu lomba memancing sekitar pukul 14.00 WITA,” pungkasnya.

Reporter : Wahyu
Editor     : Ahmad MT